Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan dan Kepuasan Dalam Membangun Loyalitas Pelanggan Markerplace Tokopedia (Studi Pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten Angkatan 2020)

Zakiatussolihah, Zakiatussolihah (2024) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan dan Kepuasan Dalam Membangun Loyalitas Pelanggan Markerplace Tokopedia (Studi Pada Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten Angkatan 2020). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_ES_161410134_Cover.pdf

Download (177kB)
[img] Teks
S_ES_161410134_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_ES_161410134_BAB I.pdf

Download (567kB)
[img] Teks
S_ES_161410134_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (744kB)
[img] Teks
S_ES_161410134_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (677kB)
[img] Teks
S_ES_161410134_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (784kB)
[img] Teks
S_ES_161410134_BAB V.pdf

Download (371kB)
[img] Teks
S_ES_161410134_Daftar Pustaka.pdf

Download (384kB)

Abstrak

Perkembangan dan peningkatan kualitas pelayanan, dari waktu ke waktu merupakan hal yang harus diperhatikan oleh perusahaan agar dapat bertahan dalam lingkungan industri barang dan jasa yang diakses melalui gadget semakin kompetitif. Sebagai perusahaan yang bergerak dalam kegiatan jual beli secara online marketplace Tokopedia harus memiliki strategi untuk mempertahankan posisi pasarnya. Salah satunya dengan memberikan pelayanan yang berkualitas, membangun kepercayaan, kepuasan pada konsumen sehingga menciptakan sikap loyalitas. Penelitian ini merumuskan masalah yaitu : 1). Apakah kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan dalam penggunaan marketplace Tokopedia? 2). Apakah kepercayaan konsumen secara signifikan berpengaruh terhadap loyalitas dalam penggunaan marketplace Tokopedia? 3). Apakah kepuasan konsumen secara signifikan berpengaruh terhadap loyalitas dalam penggunaan marketplace Tokopedia?. Penelitian ini bertujuan untuk : 1). Menganalisa seberapa besar kualitas pelayanan berpengaruh pada loyalitas pelanggan; 2). Menganalisa seberapa besar kepercayaan konsumen secara signifikan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan; 3). Menganalisa seberapa besar kepuasan konsumen secara signifikan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan;. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan alat bantu analisis menggunakan aplikasi IBM SPSS.25 dan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan responden/konsumen marketplace Tokopedia dari populasi sebanyak 183. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi berganda, uji koefisien determinasi dan uji hipotesis (uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pada kualitas pelayanan dan kepercayaan konsumen tidak berpengaruh secara parsial terhadap variabel loyalitas pelanggan. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t yang menghasilkan nilai t hitung lebih kecil dari t tabel. Dan kepuasan konsumen berpengaruh secara parsial terhadap variabel loyalitas pelanggan. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji t yang menghasilkan nilai t hitung lebih besar dari t tabel.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Kualitas Pelayanan, Keprcayaan Konsumen, Kepuasan Konsumen, dan Loyalitas Pelanggan
Subjek: 2x6 Sosial dan budaya > 2x6.3 Ekonomi
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 15 Jan 2024 04:25
Perubahan Terakhir: 15 Jan 2024 04:25
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/14022

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.