Pengaruh Penerapan Metode Joyfull Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MA Al-Hasaniyah

Nuriyah, Ayu Nida (2023) Pengaruh Penerapan Metode Joyfull Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MA Al-Hasaniyah. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PAI_191210093_Cover.pdf

Download (13kB)
[img] Teks
S_PAI_191210093_Lampiran Depan.pdf

Download (350kB)
[img] Teks
S_PAI_191210093_Bab I.pdf

Download (346kB)
[img] Teks
S_PAI_191210093_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (360kB)
[img] Teks
S_PAI_191210093_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (338kB)
[img] Teks
S_PAI_191210093_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (418kB)
[img] Teks
S_PAI_191210093_Bab V.pdf

Download (88kB)
[img] Teks
S_PAI_191210093_Daftar Pustaka.pdf

Download (230kB)

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MA Al-Hasaniyah dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan metode pembelajaran Joyfull Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MA Al- Hasaniyah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan adalah jenis Quasi Experimental Design (quasi eksperimen) yang terdiri dari dua kelompok penelitian yaitu kelas eksperimen melakukan pembelajaran dengan metode Joyfull Learning dan kelas kontrol melakukan pembelajaran seperti biasanya yaitu dengan metode konvensional. Teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang ada di MA Al-Hasaniyah yang berjumlah 240 siswa, sedangkan sampel pada penelitian ini adalah dua kelas yang dipilih dengan pertimbangan tertentu yaitu kelas XII IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 siswa dan kelas XII IPA 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 siswa. Berdasarkan hasil perhitungan posttest kelas eksperimen yang menggunakan metode Joyfull Learning dengan nilai rata-rata 82,40 menunjukkan nilai lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional yaitu 72,33. Dan berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung> ttabel yaitu 7,213 > 1,671, ketentuan dari rumusan uji hipotesis jika Thitung lebih besar dari ttabel yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Joyfull Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MA Al-Hasaniyah.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Joyfull Learning, Hasil Belajar, Akidah Akhlak
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan
2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 28 Des 2023 04:28
Perubahan Terakhir: 02 Jan 2024 02:53
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13990

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.