Magfiroh, Iroh (2023) Efektivitas Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Sholat Berjamaah Terhadap Motivasi dan Kreativitas Peserta Didik Penelitian di MTs Al Muttaqin Sidamukti Kecamatan Sukaresmi Kabupaten Pandeglang. Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
T_PAI_192610022_COVER.pdf Download (133kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_PAI_192610022_LAMPIRAN DEPAN.pdf Download (954kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_PAI_192610022_BAB I.pdf Download (358kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
T_PAI_192610022_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (1MB) |
||
Teks
T_PAI_192610022_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (174kB) |
||
Teks
T_PAI_192610022_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (407kB) |
||
|
Teks
T_PAI_192610022_BAB V.pdf Download (192kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_PAI_192610022_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (427kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Pentingnya penerapan model pembelajaran yang tepat dalam kegiatan belajar mengajar untuk menciptakan proses pembelajaran yang efektif, kreatif dan produktif serta penuh dengan antusiasme merupakan salah satu upaya yang harus dilakukan oleh guru. Beberapa penelitian menyatakan bahwa model cooperative learning tipe jigsaw dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pencapaian akademik dan sikap peserta didik jika dibandingkan dengan pembelajaran individualistik, karena dalam pembelajaran ini ada tujuan kelompok yang penting untuk memotivasi peserta didik agar saling peduli pada pembelajaran teman-temannya dan juga proses pembelajaran sendiri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan subjek penelitian peserta didik kelas VII A dan VII B MTs Al Muttaqin Sidamukti Kecamatan sukaresmi Kabupaten Pandeglang yang berjumlah 60 orang. Kelompok eksperimen dengan perlakuan penggunaan cooperative learning tipe jigsaw dan kelompok kontrol atau pembanding dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil dari penelitian ini yaitu peserta didik yang diberikan perlakuan belajar dengan menggunakan model cooperative learning tipe jigsaw memiliki motivasi dan kreativitas yang lebih tinggi daripada peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional. Hal ini dapat dilihat dari rerata hasil angket untuk motivasi peserta didik data nilai awal dan akhir pada kelompok kontrol hanya memilki interval 0,10, sedangkan untuk data nilai awal dan akhir kelompok eksperimen memiliki interval yang lebih tinggi yaitu 1,90. Selanjutnya untuk kreativitas peserta didik data nilai awal dan akhir pada kelompok kontrol hanya memilki interval 0,17, sedangkan untuk nilai awal dan akhir kelompok eksperimen memiliki interval yang lebih tinggi juga yaitu 2,14. Dari temuan ini dapat disimpulkan bahwa adanya efektivitas penerapan model cooperative learning tipe jigsaw dalam meningkatkan motivasi dan kreativitas peserta didik.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Cooperative Learning, Motivasi, dan Kreativitas |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah |
Divisi: | Magister > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat |
Tanggal Disetorkan: | 21 Des 2023 01:54 |
Perubahan Terakhir: | 06 Mar 2024 09:04 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13971 |
Actions (login required)
Lihat Item |