Tingkat Stres Akademik pada Mahasiswa Semester Akhir Ditinjau dari Jenis Kelamin (Studi di Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten)

Karlina, Meylinda (2023) Tingkat Stres Akademik pada Mahasiswa Semester Akhir Ditinjau dari Jenis Kelamin (Studi di Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_181520105_Cover.pdf

Download (24kB)
[img] Teks
S_BKI_181520105_Lampiran Depan.pdf

Download (625kB)
[img] Teks
S_BKI_181520105_BAB I.pdf

Download (473kB)
[img] Teks
S_BKI_181520105_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (384kB)
[img] Teks
S_BKI_181520105_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (345kB)
[img] Teks
S_BKI_181520105_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (310kB)
[img] Teks
S_BKI_181520105_BAB V.pdf

Download (91kB)
[img] Teks
S_BKI_181520105_Daftar Pustaka.pdf

Download (174kB)

Abstrak

Mahasiswa semester akhir merupakan mahasiswa yang hampir menyelesaikan mata kuliah dan sedang mengerjakan tugas akhir (skripsi). Pihak keluarga maupun kampus mengharapkan mahasiswanya untuk dapat menyelesaikan skripsi tepat waktu, namun pada kenyataannya banyak kendala yang dialami sehingga mahasiswa mengalami keterlambatan dalam menyelesaikan skripsi. Apabila kendala tersebut tidak dapat diatasi secara efektif, maka dapat menimbulkan stres dan dapat mengganggu kestabilan emosi selama penyusunan tugas akhir skripsi. Sebagai manusia, sejatinya akan mengalami tekanan dan tuntutan dari berbagai sumber yang dapat menyebabkan stres. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Bagaimanakah Tingkat Stres Akademik Mahasiswa Semester Akhir Ditinjau dari Jenis Kelamin pada Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten?”. Tujuan dari penelitian ini, peneliti ingin melihat gambaran tingkat stres akademik pada mahasiswa semester akhir ditinjau dari jenis kelamin” (Studi di Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten). Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif jenis deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menyebarkan kuesioner menggunakan skala likert. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 167 mahasiswa akhir. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling insidental. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 64 responden, di antaranya 32 perempuan dan 32 laki-laki. Hasil penelitian ini menunjukan dari 32 responden perempuan memperoleh kesimpulan bahwa 3 responden berada pada kategori sedang (persentase sebesar 9%) pada indikator task demands (tuntutan tugas), 23 responden berada pada kategori tinggi (persentase sebesar 72%) pada indikator role demands (tuntutan peran), dan 6 responden berada pada kategori sangat tinggi (persentase sebesar 19%) terdapat pada indikator interpersonal demands (tuntutan interpersonal) dengan memperoleh nilai rata-rata sebesar 149. Adapun hasil dari 32 responden laki-laki memperoleh kesimpulan bahwa 1 responden berada pada kategori rendah (persentase sebesar 3%) pada indikator task demands (tuntutan tugas), 15 responden berada pada kategori sedang (persentase sebesar 47%) pada indikator interpersonal demands (tuntutan interpersonal), 12 responden berada pada kategori tinggi (persentase sebesar 37,5%) pada indikator role demands (tuntutan peran), 4 responden berada pada kategori sangat tinggi (persentase sebesar 12,5%) terdapat pada indikator physical demands (tuntutan fisik) dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 122.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Stres, Mahasiswa Akhir, Jenis Kelamin
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 152 Persepsi, gerakan, emosi & drive
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 19 Des 2023 09:19
Perubahan Terakhir: 04 Apr 2024 03:44
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13960

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.