Hubungan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti di SMPN Satu Atap 2 Lebakgedong Lebak Banten

Tahfidzi, Nufus (2023) Hubungan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti di SMPN Satu Atap 2 Lebakgedong Lebak Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PAI_191210077_Cover.pdf

Download (246kB)
[img] Teks
S_PAI_191210077_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_PAI_191210077_BAB I.pdf

Download (188kB)
[img] Teks
S_PAI_191210077_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (552kB)
[img] Teks
S_PAI_191210077_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (244kB)
[img] Teks
S_PAI_191210077_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (231kB)
[img] Teks
S_PAI_191210077_BAB V.pdf

Download (91kB)
[img] Teks
S_PAI_191210077_Daftar Pustaka.pdf

Download (339kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui motivasi belajar siswa di SMPN Satu Atap 2 Lebakgedong. 2) mengetahui prestasi belajar siswa dalam pemebelajaran PAI dan Budi Pekerti. 3) untuk mengetahui seberapa besar hubungan motivasi belajar siswa dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama dan budi pekerti di SMPN Satu Atap 2 Lebakgedong Lebak Banten. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelasional. Peneliti menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian dan menggunakan teknik pengambilan sampel acak berstrata mengambil 30 siswa sebagai sampel dengan rincian 10 siswa dari kelas 7, 10 dari kelas 8 dan 10 dari kelas 9 dari seluruh populasi siswa SMPN Satu Atap 2 Lebakgedong yang berjumlah 102 siswa. Hasil Penelitian : 1) nilai total kuesioner siswa yang menjadi sampel adalah 1984. Nilai tertinggi adalah 90, sementara nilai terendah adalah 40. Rata-rata nilai siswa sebesar 66,13. Berdasarkan tabel kategorisasi motivasi belajar, dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa di SMPN Satu Atap 2 Lebakgedong dinyatakan cukup. 2) nilai total PAS siswa 1457. Nilai tertinggi adalah 80, sementara nilai terendah adalah 26. Nilai PAS rata-rata siswa sebesar 48,56. Dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa dalam hal ini nilai PAS tahun ajaran 2022/2023 masih cukup rendah, meski masih ada kemungkinan untuk diperbaiki melalui remedial, nilai sikap, dan nilai praktek. 3) hasil perhitungan uji korelasi, menunjukkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 yang lebih kecil daripada 0,05. Maka dapat disimpulkan ada hubungan yang signifikan antara variabel x dengan variabel y. Diperoleh juga angka koefisien korelasi sebesar 0,963 yang artinya tingkat kekuatan hubungannya adalah hubungan yang kuat. Karena angka koefisian korelasi diatas bernilai positif, maka arah hubungan variabelnya adalah positif. Artinya, semakin tinggi motivasi maka semakin tinggi juga prestasi belajarnya begitupun juga sebaliknya, siswa yang memiliki motivasi belajar rendah cenderung memiliki prestasi belajar yang rendah juga. Temuan ini sejalan dengan pernyataan guru PAI bahwa siswa yang bermasalah cenderung memiliki motivasi belajar rendah dan sikap yang kurang baik.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Motivasi, Prestasi, Belajar, Hubungan, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Menengah
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 07 Des 2023 03:26
Perubahan Terakhir: 07 Des 2023 03:26
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13913

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.