Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Ibnu Miskawaih dalam Mencapai Tujuan Pendidikan Madrasah Tsanawiyah

Hoiriyah, Hoiriyah (2023) Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Ibnu Miskawaih dalam Mencapai Tujuan Pendidikan Madrasah Tsanawiyah. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PAI_171210198_Cover.pdf

Download (101kB)
[img] Teks
S_PAI_171210198_Lampiran Depan.pdf

Download (523kB)
[img] Teks
S_PAI_171210198_BAB I.pdf

Download (391kB)
[img] Teks
S_PAI_171210198_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (257kB)
[img] Teks
S_PAI_171210198_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (379kB)
[img] Teks
S_PAI_171210198_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (321kB)
[img] Teks
S_PAI_171210198_BAB V.pdf

Download (154kB)
[img] Teks
S_PAI_171210198_Daftar Pustaka.pdf

Download (240kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan konsep pendidikan akhlak menurut Ibnu Miskawaih serta relevansinya dalam mencapai tujuan pendidikan madrasah tsanawiyah (MTs). Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pendidikan belum mampu menghasilkan anak didik yang berkualitas secara keseluruhan dan semakin berkembangnya teknologi mengakibatkan merosotnya akhlak anak didik. Hasil pemikiran Ibnu Miskawaih ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dan dapat dijadikan sebagai sumbangsih keilmuan dalam perbaikan akhlak di tengah dunia pendidikan saat ini. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Kepustakaan (Library Research) dengan pendekatan kualitatif, kemudian pengumpulan data pada skripsi ini menggunakan metode dokumentasi dan wawancara. Sumber primer yang digunakan berasal dari buku Menuju Kesempurnaan Akhlak yang merupakan buku terjemahan dari kitab Tahdzibul Akhlaq wa Tathir al-A’raq karya Ibnu Miskawaih, sedangkan sumber data sekunder peneliti mengambil dari buku Filsafat Islam karya Mulyadhi Kertanegara dan Dedi Supriyadi, serta buku-buku lain yang berkaitan dengan judul penelitian yang diolah dengan menggunakan teknik analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pendidikan akhlak menurut Ibnu Miskawaih merupakan sebuah konsep pendidikan yang difokuskan untuk mengarahkan tingkah laku manusia agar menjadi baik, sehingga berperilaku yang secara otomatis mengarah kepada kebaikan. Kemudian konsep pendidikan akhlak Ibnu Miskawaih dalam mencapai tujuan pendidikan MTs terlihat dari beberapa uraian yang berkaitan dengan faktor yang menjadi dasar pendidikan akhlak yaitu syari’at agama dan psikologi, strategi dalam hal materi pelajaran yang mencakup pendidikan ruhani dan jasmani diantaranya pendidikan yang wajib bagi kebutuhan jiwa dan tubuh serta terkait hubungan dengan sesama manusia. Berbagai metode efektif yang diterapkan dalam pendidikan akhlak yaitu metode alami, bimbingan dan nasihat, pembiasaan, metode hadiah dan hukuman. Perlunya hubungan yang didasarkan pada cinta kasih antara guru dan murid serta peran keluarga, sekolah dan masyarakat dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang baik. Ibnu Miskawaih menghendaki anak didik yang berkepribadian dan berakhlak mulia serta memiliki kecerdasan secara intelektual dan sosial, sebagaimana pula tujuan yang ingin dicapai dalam pendidikan Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang menghendaki agar anak didik tidak hanya dibentuk untuk cerdas secara kognitifnya saja, tetapi juga memiliki kepribadian dan akhlak yang mulia serta memiliki jiwa sosial di masyarakat.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Konsep pendidikan akhlak, Ibnu Miskawaih, pendidikan madrasah tsanawiyah
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 07 Des 2023 02:34
Perubahan Terakhir: 07 Des 2023 02:34
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13909

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.