Firdaus, Yogi (2023) Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Experiential Learning Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII Materi Tata Cara Zakat Di MTs Negeri 4 Kabupaten Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_161210116_Cover.pdf Download (249kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_161210116_Lampiran Depan.pdf Download (731kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_161210116_BAB I.pdf Download (282kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_161210116_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (326kB) |
||
Teks
S_PAI_161210116_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (581kB) |
||
Teks
S_PAI_161210116_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (398kB) |
||
|
Teks
S_PAI_161210116_BAB V.pdf Download (89kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_161210116_Daftar Pustaka.pdf Download (225kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran dan mengetahui kelayakan penggunaan modul pembelajaran pada mata pelajaran Fiqih kelas VIII materi tata cara zakat di MTsN 4 Kabupaten Serang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan, atau disebut juga dengan Research and Development (R&D). Adapun model yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE. ADDIE merupakan singkatan dari Analisys, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Dalam penelitian ini melibatkan dua variabel, yaitu variabel bebas dan variabel terikat, variabel bebas yaitu Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Eksperiential Learning dan variabel terikat yaitu Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII Materi Tata Cara Zakat di MTsN 4 Kabupaten Serang. Populasi dalam penelitian ini sebanyak seluruh siswa kelas VIII (10 kelas), adapun sampel ini dipilih menggunakan teknik sampling purposive, yaitu teknik berdasarkan pertimbangan tertentu yang dibuat oleh peneliti dan pihak sekolah atau guru ajar, sampel pada penelitian ini berjumlah 30 siswa (1 kelas). Instrumen yang digunakan adalah angket pada penilaian ahli media, ahli materi, ahli pembelajaran dan siswa. Hasil rekapitulasi keefektifan belajar siswa sebelum dan setelah penggunaan modul pembelajaran, didapatkan peningkatan dari sebelum diterapkan dengan sesudah yaitu 18%. Hasil perhitungan gain score menunjukan modul pembelajaran berbasis experiential learning pada mata pelajaran fikih materi tata cara zakat mampu meningkatkan keefektifan belajar siswa sebesar 0.85 peningkatan tersebut dengan kategori Tinggi. Peneliti ingin modul pembelajaran ini dapat dikembangkan kembali agar lebih baik dalam meningkatkan minat belajar dan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | bahan ajar; modul pembelajaran; experiential learning |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 06 Des 2023 07:59 |
Perubahan Terakhir: | 06 Des 2023 07:59 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13905 |
Actions (login required)
Lihat Item |