Pengaruh Sharia Financial Literacy, Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use terhadap Keputusan Berwakaf Online dengan Trust sebagai Variabel Intervening

Nahid, Muhamad (2023) Pengaruh Sharia Financial Literacy, Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use terhadap Keputusan Berwakaf Online dengan Trust sebagai Variabel Intervening. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
T_ES_212641004_COVER.pdf

Download (23kB)
[img] Teks
T_EKIS_212641004_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (684kB)
[img] Teks
T_ES_212641004_BAB I.pdf

Download (297kB)
[img] Teks
T_ES_212641004_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (311kB)
[img] Teks
T_ES_212641004_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (376kB)
[img] Teks
T_ES_212641004_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (489kB)
[img] Teks
T_ES_212641004_BAB V.pdf

Download (165kB)
[img] Teks
T_ES_212641004_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (388kB)

Abstrak

Wakaf uang di Indonesia memiliki potensi yang begitu besar, namun hingga saat ini pengumpulan dana wakaf masih belum optimal. Wakaf online di Indonesia merupakan salah satu solusi alternatif dalam pencapaian potensi tersebut. Wakaf online memiliki tantangan tersendiri. Maka dari itu penting bagi stakeholder seperti nadzir dan pemerintah untuk mengetahui faktor yang memengaruhi minat masyarakat untuk berwakaf. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor sharia financial literacy terhadap perceived usefulness dan perceived ease of use. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor perceived usefulness dan perceived ease of use terhadap trust dalam berwakaf online serta pengaruh faktor trust terhadap cash waqf decision secara online. Penelitian ini menggunakan metode Structural Equation Modelling (SEM) dengan subjek studi wakif di wilayah Banten. Penelitian ini menemukan bahwa variabel sharia financial literacy berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap trust. Selanjutnya, variabel perceived usefulness juga tidak beperngaruh signifikan terhadap trust. Kemudian variabel trust juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel cash waqf decision. Hasil studi ini menemukan bahwa variabel yang paling besar pengaruhnya terhadap variabel endogennya (keputusan) yaitu trust dibandingkan dengan sharia financial literacy, perceived usefulness, dan perceived ease of use. Hasil ini bisa dilihat pada perhitungan β dari variabel trust yang paling besar lalu diikuti oleh variabel lainnya yaitu sharia financial lietarcy terhadap perceived usefulness, dan sharia financial lietarcy terhadap perceived ease of use. Hasil penelitian ini dapat dijadikan masukan dan menambah perspektif baru bagi lembaga pengelola wakaf yang memiliki platform online, pemerintah yang menaungi badan pengelolaan wakaf seperti Badan Wakaf Indonesia dan Bank Indonesia serta stakeholder wakaf lainnya seperti asosiasi dan komunitas.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Wakaf, Technology Acceptance Model, Fintech, Indonesia
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.25 Pemberian > 2x4.252 Wakaf
Divisi: PASCASARJANA
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 06 Des 2023 06:35
Perubahan Terakhir: 06 Des 2023 06:35
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13898

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.