Pengaruh Media Counting Funnel Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III di MI/SD (Kuasi Eksperimen di kelas III di MI/SD)

Muptadiroh, Aprillia (2023) Pengaruh Media Counting Funnel Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III di MI/SD (Kuasi Eksperimen di kelas III di MI/SD). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240072_Cover.pdf

Download (47kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240072_Lampiran Depan.pdf

Download (597kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240072_ Bab I.pdf

Download (170kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_191240072_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (320kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240072_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
S_PGMI_191240072_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240072_Bab V.pdf

Download (39kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240072_Daftar Pustaka.pdf

Download (90kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Counting Funnel terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa materi perkalian pada mata pelajaran matematika kelas III MI/SD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen, dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah berbentuk essay. Hasil penelitian menunjukan pengujian hipotesis dengan menggunakan Independent Sampel T-test (Uji-t) dan taraf Signifikansi 0,05. Diperoleh nilai sig. (2- Tailed) memiliki nilai sebesar 0,002, yaitu nilai 0,002 < 0,05. Hal ini dapat dikatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan kata lain terdapat pengaruh penggunaan media Counting Funnel terhadap kemampuan pemecahan siswa pada mata pelajaran matematika materi perkalian di kelas III MI/SD. Peneliti merekomendasi agar materi perkalian bilangan pada pelajaran matematika kelas III dapat disampaikan melalui media Counting Funnel.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 07 Des 2023 02:43
Perubahan Terakhir: 02 Jan 2024 03:26
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13867

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.