Nasihah, Durotun (2023) Analisis Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Disiplin dan Kinerja Guru (Studi di MAN 1 dan MAN 2 Kota Cilegon). Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
T_MPI_212625005_Cover.pdf Download (114kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_MPI_212625005_Lampiran Depan.pdf Download (875kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_MPI_212625005_BAB I.pdf Download (392kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
T_MPI_212625005_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (739kB) |
||
Teks
T_MPI_212625005_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (250kB) |
||
Teks
T_MPI_212625005_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (281kB) |
||
|
Teks
T_MPI_212625005_BAB V.pdf Download (91kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_MPI_212625005_Daftar Pustaka.pdf Download (199kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tesis ini membahas tentang kepemimpinan kepala Madrasah dalam peningkatan disiplin dan kinerja guru di MAN 1 dan MAN 2 Kota Cilegon. Kepemim pinan kepala madrasah adalah garda terdepan untuk menciptakan disiplin dan kinerja guru yang optimal. Kepala madrasah MAN 1 dan MAN 2 masih dalam masa adaptasi dengan jabatannya saat ini . Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kepemimpinan kepala madrasah, kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan guru, kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru, dan kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kedisiplinan dan kinerja guru di MAN 1 dan MAN 2 Kota Cilegon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode yang digunakan yaitu deskriptif. Metode ini merupakan rancangan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dokumentasi. Subyek penelitian ini yaitu kepala madrasah, pendidik, tenaga kependidikan dan komite madrasah. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi data yaitu membandingkan data data yang didapat melalui wawancara, observasi dan dokumentasi yang kemudian dianalisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala madrasah di MAN 1 dan MAN 2 Kota Cilegon dengan gaya kepemimpinan demokratis yaitu terbuka, komunikatif, dan mementingan kepentingan bersama. Upaya yang dilakukan dalam meningkatkan disiplin di MAN 1 yaitu dengan motivasi, reward punishment, kekeluargaan sedangkan MAN 2 yaitu dengan menumbuhkan komitmen, reward dan punishment, serta menggunakan point untuk kehadiran. Sementara upaya MAN 1 dalam meningkatkan kinerja gurunya yaitu dengan memotivasi, mensupervisi, mendorong mengikuti seminar dan pelatihan, sedangkan MAN 2 dengan upaya memberi pembinaan, mengikuti pelatihan dan seminar, mensupervisi. Secara umum keefektifan dalam kepemimpinan di MAN 1 dan MAN 2 dalam meningkatkan disiplin dan kinerja guru belum bisa terlihat karena masih berjalan, dan program program kerja yang direncanakan juga sifatnya masih melanjutkan dari kepemimpinan sebelumnya meskipun terdapat program baru yang diterapkan namun semuanya masih berjalan. Maka kepemimpinan kepala madrasah akan mempengaruhi dalam meningkatkan kedisiplinan dan kinerja guru, karena kepala madrasah merupakan ujung tombak dalam peningkatan disiplin dan kinerja guru. Implikasi dari penelitian in i yaitu dapat memberikan kontribusi kepada seluruh warga MAN 1 dan MAN 2 Kota Cilegon , mulai dari kepala madrasah, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan yang terlibat dalam mendukung kepemimpinan kepala madrasah dan kinerja guru.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | kepemimpinan kepala madrasah, disiplin, kinerja guru |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah |
Divisi: | Magister > Manajemen Pendidikan Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 30 Nov 2023 03:10 |
Perubahan Terakhir: | 30 Nov 2023 03:10 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13831 |
Actions (login required)
Lihat Item |