Digitalisasi Layanan Administrasi Pondok Pesantren Dalam Meningkatkan Kepuasan Layanan Santri di Era Revolusi Industri (di Pondok Pesantren Darel Azhar Rangkasbitung dan Qothrotul Falah Cikulur)

Laelasari, Tuti (2023) Digitalisasi Layanan Administrasi Pondok Pesantren Dalam Meningkatkan Kepuasan Layanan Santri di Era Revolusi Industri (di Pondok Pesantren Darel Azhar Rangkasbitung dan Qothrotul Falah Cikulur). Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
T_MPI_212625018_Cover.pdf

Download (100kB)
[img] Teks
T_MPI_212625018_Lampiran Depan.pdf

Download (575kB)
[img] Teks
T_MPI_212625018_BAB I.pdf

Download (549kB)
[img] Teks
T_MPI_212625018_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (499kB)
[img] Teks
T_MPI_212625018_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (311kB)
[img] Teks
T_MPI_212625018_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (893kB)
[img] Teks
T_MPI_212625018_BAB V.pdf

Download (93kB)
[img] Teks
T_MPI_212625018_Daftar Pustaka.pdf

Download (296kB)

Abstrak

Tujuan penelitian ini antara lain: 1) Mengetahui digitalisasi layanan administrasi di pondok pesantren 2) Mengetahui kepuasan layanan santri terhadap layanan administrasi di pondok pesantren 3) Mengetahui peran digitalisasi layanan administrasi pondok pesantren dalam meningkatkan kepuasan layanan santri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif jenis studi kasus. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Dalam analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil Penelitian: 1) Sistem digital yang diprioritaskan oleh Pondok Pesantren Darel Azhar Rangkasbitung Lebak Banten yaitu SiPond (Sistem Pondok Pesantren), fokus pada sistem administrasi akademik dan penunjang akademik serta administrasi keuangan dan transparansi transaksi pembayaran. Sementara dalam layanan administrasi pondok pesantren Qothrotul Falah Cikulur pada bagian sekretariat memiliki tanggung jawab atas aplikasi EMIS dan SIMPATIKA yang berfokus pada data sekolah dan data tunjangan guru, bagian pengajaran memiliki tanggung jawab atas aplikasi RDM dan Pelajar yang berfokus pada kegiatan pendidikan dan pembelajaran di sekolah. Sementara bagian bendahara memiliki tanggung jawab atas aplikasi Asisten dan RKAS yang berfokus pada data keuangan dan pembayaran. 2) Layanan administrasi berbasis digital yang diterapkan di Pondok Pesantren Darel Azhar dan Qothrotul Falah dapat meningkatkan kepuasan santri. 3) Peran layanan administrasi berbasis digital dapat meningkatkan kepuasan santri. Karena berdasarkan kelima indikator kepuasan, semuanya menunjukkan pada respon yang baik. Sebagai simpulan untuk layanan digitalisasi administrasi di pondok pesantren Darel Azhar dan Qothrotul Falah merupakan layanan yang rasional, efektif dan efisien, sehingga dapat mempengaruhi kepuasan santri terhadap layanan administrasi yang diterima, namun kepuasan santri kurang bagi santri Darel Azhar, karena layanan digital hanya beroperasi pada sistem keuangan saja, sedangkan pondok pesantren Qothrotul Falah sudah melayani semuanya dengan digital.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Digitalisasi Layanan Administrasi, Kepuasan Santri
Subjek: 600 Teknologi > 650 Manajemen & public relations
Divisi: PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 29 Nov 2023 04:47
Perubahan Terakhir: 29 Nov 2023 04:47
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13825

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.