Efektivitas Penerapan Peer Teaching dalam Meningkatkan Tahsin Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah (Studi Komparasi di MTs. Al-Ikhlas Jawilan dan MTs. Al-Amin Kopo Kabupaten Serang)

Noval, Muhamad Amin (2023) Efektivitas Penerapan Peer Teaching dalam Meningkatkan Tahsin Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah (Studi Komparasi di MTs. Al-Ikhlas Jawilan dan MTs. Al-Amin Kopo Kabupaten Serang). Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_192610016_Cover.pdf

Download (164kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_192610016_Lampiran Depan.pdf

Download (921kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_192610016_BAB I.pdf

Download (368kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
T_PAI_192610016_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (620kB)
[img] Teks
T_PAI_192610016_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (612kB)
[img] Teks
T_PAI_192610016_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_192610016_BAB V.pdf

Download (169kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
T_PAI_192610016_Daftar Pustaka.pdf

Download (229kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Metode peer teaching, sebagai metode pembelajaran, siswa menjadi tutor/pengajar dalam menyampaikan materi pelajaran kepada teman-temannya, sehingga membangun kondisi belajar kooperatif bukan kompetitif. Hasil observasi di MTs. Al-Ikhlas Jawilan dan MTs. Al-Amin Kopo Kabupaten Serang, menunjukkan bahwa proses pembelajaran membaca Al-Qur‟an kurang efekif. Kemampuan siswa dalam membaca Al-Qur‟an masih kurang, minimnya semangat siswa dalam belajar membaca Al-Qur‟an, minimnya interaksi guru dengan siswa, ketidaktepatan dalam memilih metode pembelajaran, serta adanya jarak antara satu siswa dengan siswa lain. Tujuan penelitian ini, untuk mengetahui: (1) untuk mengetahui penerapan peer teaching dalam meningkatkan tahsin Al-Qur‟an di MTs Ikhlas Jawilan; (2) untuk mengetahui penerapan peer teaching dalam meningkatkan tahsin Al-Qur‟an di MTs Al-Amin Kopo; (3) untuk mengetahui perbandingan efektivitas penerapan peer teaching dalam meningkatkan tahsin Al-Qur‟an; (4) untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam penerapan peer teaching dalam meningkatkan tahsin Al-Qur‟an di MTs Ikhlas Jawilan dan MTs Al-Amin Kopo Kabupaten Serang. Metode penelitian menggunakan metode mixed methods (metode campuran) dengan jenis penelitian eksperimen. Menggabungkan dua bentuk penelitian yang telah ada sebelumnya yaitu penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif.. Penelitian dilaksanakan di MTs Ikhlas Jawilan dan MTs Al-Amin Kopo Kabupaten Serang. Teknik analisis data meliputi teknik metode gabungan (Mixed Methods Research) yaitu: (1) analisis data kualitatif; wawancara, observasi, dan dokumentasi. (2) analisis data kuantitatif; mendeskripsikan efektivitas pembelajaran meliputi hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) penerapan peer teaching di MTs Ikhlas Jawilan yang dilakukan guru Al-Qur‟an Hadits berjalan dengan baik. Guru mengawasi, mengatur kelompok, menyesuaikan jadwal, mengatasi kesulitan, menyempurnakan ketercapaian kompetensi, mengelola administrasi guru, dan mengevaluasi pada setiap bulannya. (2) penerapan peer teaching di MTs Al-Amin Kopo, terbagi tiga tahapan; perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. (3) perbandingan efektivitas penerapan peer teaching dalam meningkatkan tahsin Al-Qur‟an di kedua MTs tersebut, melalui: (a) tahap perencanaan; memiliki silabus sebagai pedoman guru yang dipaparkan menjadi RPP. (b) tahap pelaksanaan; adanya interaksi dari berbagai komponen pengajaran, meliputi; Guru, Isi atau materi pembelajaran, dan Siswa. Adapun langkah-langkahnya terdiri dari; pendahuluan, kegiatan inti, kegiatan penutup. (c) tahap evaluasi, terdapat dua tahap; (a) evaluasi formatif pada akhir satuan pembelajaran. (b) evaluasi sumatif, satu jangka waktu tertentu. (4) Faktor pendukung; (a) dapat meningkatkan tahsin Al-Qur‟an dengan baik, (b) membangun interaksi di kelas; antara guru dan siswa, siswa dan siswa, (c) minat siswa mengikuti pembelajaran cukup tinggi, terutama pada tahsin Al-Qur‟an, (d) terjalin komunikasi intensif dan penuh keakraban antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran, dan (e) suasana kelas lebih menarik dan aktif. Sementara faktor penghambat; (a) minimnya persiapan tutor, karena waktunya terbatas, (b) sarana prasarana di kelas kurang memadai, (c) kegiatan pembelajaran kurang kondusif, jumlah siswa melebihi standar (MTs. Al-Ikhlas Jawilan), sehingga penerapannya sulit dikendalikan, (d) sumber belajar kurang. (5). Hasil belajar Tahsin Al-Qur‟an di MTs Ikhlas Jawilan dan MTs Al-Amin Kopo Kabupaten Serang sudah mengalami perubahan karena ada siswa yang tidak bisa Tahsin Al-Qur‟an kemudian siswa tersebut dapat melakukan Tahsin Al-Qur‟an. Guru di di MTs Ikhlas Jawilan dan MTs Al-Amin Kopo Kabupaten Serang juga sudah melakukan evaluasi hasil belajar Tahsin Al-Qur‟an dengan instrument yang sesuai dengan indikator dan tujuan pembelajaran Tahsin Al-Qur‟an. (6). Tidak terdapat pengaruh yang signifikan peer teaching dalam meningkatkan Tahsin Al-Qur‟an di MTs Ikhlas Jawilan dan MTs Al-Amin Kopo Kabupaten Serang.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Efektivitas, Penerapan, Peer Teaching, Tahsin Al-Qur‟an
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisi: Magister > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 29 Nov 2023 02:55
Perubahan Terakhir: 29 Nov 2023 03:33
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13820

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.