Representasi Dakwah dalam Film Haji Backpacker (Analisis Semiotika Roland Barthes)

Ariani, Nur (2023) Representasi Dakwah dalam Film Haji Backpacker (Analisis Semiotika Roland Barthes). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_KPI_191510143_Cover.pdf

Download (221kB)
[img] Teks
S_KPI_191510143_Lampiran Depan.pdf

Download (701kB)
[img] Teks
S_KPI_191510143_BAB I.pdf

Download (508kB)
[img] Teks
S_KPI_191510143_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (752kB)
[img] Teks
S_KPI_191510143_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (310kB)
[img] Teks
S_KPI_191510143_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
S_KPI_191510143_BAB V.pdf

Download (293kB)
[img] Teks
S_KPI_191510143_Daftar Pustaka.pdf

Download (302kB)

Abstrak

Salah satu sarana media massa yang saat ini digunakan untuk menyampaikan pesan adalah Film. Film merupakan salah satu media massa yang bisa menjadi sarana untuk berdakwah. Film saat ini sudah marak dengan berbagai genre. Bahkan kebanyakan menggambarkan keadaan nyata dimasyarakat dan menjadi perbincangan masyarakat lalu bisa dipecahkan atau mencari solusi dalam keresahan tersebut. Salah satu Film Religi yang pernah ramai di Inonesia yaitu film dakwah Islami “Haji Backpacker”. Film ini bergenre drama, religi, roman dengan judul „„Haji Backpacker” disutradarai oleh Danial Rifki yang merupakan adaptasi dari buku berjudul “ Haji Backpacker” karya Aguk Irawan. Berdasarkan uraian di atas, maka rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana Representasi Dakwah yang terkandung dalam Film Haji Backpacker. 2) Bagaimanakah makna Denotasi, Konotasi, dan Mitos dalam Fi lm Haj i Backpaper yang mempresentas ikan Dakwah. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui denotasi, konotasi, dan mitos dalam Fi lm Ha j i Backpaper yang mempresentasikan Dakwah. 2) Untuk Mengetahui Representasi Dakwah yang terkandung dalam Film Haji Backpacker. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Pendekatan kualitatif deskriptif yang digunakan dari teknik Semiotika Roland Barthes. Teori Semiotika Roland Barthes terdiri dari Denotasi, Konotasi, dan Mitos. Dengan pengumpulan data dokumentasi dan obervasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan: Makna denotasi pada film Haji Backpacker diantaranya yaitu adegan beribadah, hidayah melalui mimpi, dan kekecewaan terhadap tuhan. Makna konotasi pada film Haji Backpacker diantaranya sikap pemuda yang digambarkan sangat memiki kemauan yang keras, berani, penuh dengan tantangan, serta suka dengan hal-hal baru yang memenuhi hasrat spritualnya. Kemudian Mitos dalam Film Haji Backpacker memperlihatkan bagaimana seseorang selalu berusaha pada hidupnya, rela berkorban demi terwujudnya suatu tujuan dapat mampu membangkitkan seseorang yang telah mengalami banyak ujian dan kekecewaan. Adapun pembingkaian tentang Representasi Dakwah lainnya dalam Film Haji Backpacker ini dibingkai dalam bentuk gambar, dialog dan perbuatan yang diperankan oleh pemain.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Representasi Dakwah, Film, Semiotika Roland Barthes
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam > 2x7.24 Alat da’wah termasuk metode; dana dan media
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 27 Nov 2023 02:18
Perubahan Terakhir: 28 Mar 2024 07:32
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13785

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.