Herawati, Risma Sri (2023) Pengembangan Media Papan Musi (Multifungsi) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Pelajaran Matematika di Kelas IV SD/MI (R&D di Kelas IV MIN 2 Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_191240041_Cover.pdf Download (108kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191240041_Lampiran Depan.pdf Download (511kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191240041_BAB I.pdf Download (195kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_191240041_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (332kB) |
||
Teks
S_PGMI_191240041_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (375kB) |
||
Teks
S_PGMI_191240041_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (1MB) |
||
|
Teks
S_PGMI_191240041_BAB V.pdf Download (158kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191240041_Daftar Pustaka.pdf Download (174kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik kelas IV MIN 2 Serang. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran yang diterapkan kurang optimal sehingga pemahaman siswa dalam konsep dasar FPB dan KPK masih tergolong rendah. Dan juga peserta didik belum bisa memahami serta belum bisa menyelesaikan masalah pada pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan media papan musi, untuk mengetahui kelayakan media papan musi, untuk mengetahui keefektifan penggunaan media papan musi (multifungsi) dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama prosedur pengembangan media papan musi menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Kedua, kelayakan media papan musi berdasarkan hasil validasi dari ahli media memperoleh persentase sebesar 90,9% dengan kategori “sangat layak” sedangkan ahli materi memperoleh persentase sebesar 89,7% dengan kategori “sangat layak”. Sedangkan respon peserta didik memperoleh rata-rata persentase sebesar 96,3% yang termasuk dalam kategori “sangat baik”. Ketiga, keefektifan media papan musi berdasarkan hasil dari perhitungan N-Gain memperoleh nilai 0,689 dan termasuk dalam kategori “sedang”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media papan musi (multifungsi) layak dan efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada pembelajaran matematika materi FPB dan KPK.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Matematika, Media Papan Musi (Multifungsi) |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 21 Nov 2023 02:29 |
Perubahan Terakhir: | 21 Nov 2023 02:29 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13745 |
Actions (login required)
Lihat Item |