Peningkatan Kemampuan Operasi Hitung Perkalian Melalui Model Pembelajaran Think Pair Shere Berbantuan Media Konkret Pada Pembelajaran Matematika di SD/MI (PTK di Kelas II SDN Cibadak I Kecamatan Cimanggu-Pandeglang)

Amelia, Sukmi (2023) Peningkatan Kemampuan Operasi Hitung Perkalian Melalui Model Pembelajaran Think Pair Shere Berbantuan Media Konkret Pada Pembelajaran Matematika di SD/MI (PTK di Kelas II SDN Cibadak I Kecamatan Cimanggu-Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PGMI_171240111_Cover.pdf

Download (110kB)
[img] Teks
S_PGMI_171240111_Lampiran Depan.pdf

Download (900kB)
[img] Teks
S_PGMI_171240111_BAB I.pdf

Download (250kB)
[img] Teks
S_PGMI_171240111_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (230kB)
[img] Teks
S_PGMI_171240111_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (403kB)
[img] Teks
S_PGMI_171240111_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (709kB)
[img] Teks
S_PGMI_171240111_BAB V.pdf

Download (91kB)
[img] Teks
S_PGMI_171240111_Daftar Pustaka.pdf

Download (167kB)

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah: untuk menganalisis kemampuan operasi hitung perkalian siswa kelas II SDN Cibadak I setelah diberikan pembelajaran model think pair shere berbantuan media konkret. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan melalui pra siklus, siklus I dan siklus II, yang terdiri dari tahap perencanaan, tahap tindakan, tahap pengamatan dan tahap refleksi. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam operasi hitung perkalian, yaitu dapat dilihat dari nilai tes yang diperoleh siswa. Dengan nilai rata-rata pada pra siklus mencapai angka 57 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 30%, yang selanjutnya pada siklus I nilai rata-rata siswa mencapai angka 65 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 35%, kemudian terjadi peningkatan kembali setelah dilakukan perbaikan yaitu pada siklus II mencapai angka 92 dengan persentase ketuntasan belajar 90%. Perolehan nilai tersebut menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran think pair shere berbantuan media konkret dapat meningkatkan kemampuan operasi hitung perkalian siswa pada mata pelajaran matematika di kelas II SDN Cibadak I Kecamatan Cimanggu-Pandeglang.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Kemampuan Operasi Hitung Perkalian, model pembelajaran think pair shere berbantuan media konkret
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 20 Nov 2023 06:38
Perubahan Terakhir: 20 Nov 2023 06:38
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13742

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.