Pengembangan Media Papan Kantung Pintar untuk Mengembangkan Keterampilan Memecahkan masalah pada Materi Pnegurangan dan Penjumlahan kelas II SD

Fahrana, Siti Mas Dhaifina (2023) Pengembangan Media Papan Kantung Pintar untuk Mengembangkan Keterampilan Memecahkan masalah pada Materi Pnegurangan dan Penjumlahan kelas II SD. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240071_Cover.pdf

Download (193kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240071_Lampiran Depan.pdf

Download (626kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240071_BAB I.pdf

Download (315kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_191240071_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (281kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240071_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (521kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240071_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (987kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240071_BAB V.pdf

Download (91kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240071_Daftar Pustaka.pdf

Download (220kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan keterampilan memecahkan masalah pada siswa kelas II terutama pada materi pengurangan dan penjumlahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pakapin dan mengkaji keefektifan media pakapin dalam mengembangkan keterampilan memecahkan masalah pada materi pengurangan dan penjumlahan kelas II SD. Penelitian ini menggunakan metode R&D atau Research and Development dengan model ADDIE yang mempunyai 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation. Adapun intrument pengumpulan data yang digunakan yaitu, lembar wawancara, angket dan soal pemecahan masalah. Hasil validasi media dari validator 1 memperoleh nilai persentase 75%, validator II memperoleh nilai persentase 83% dan validator III memperoleh nilai persentase 95%. Nilai rata-rata hasil validasi dari ketiga validator adalah 89% masuk dalam kategori “sangat layak”. Produk yang sudah dibuat kemudian diuji cobakan pada satu kelas, hasil uji coba menunjukan N-gain Pre-test dan Post-test memperoleh nilai akhir 0,71 masuk dalam kategori “Tinggi”. Dengan demikian media Pakapin cukup efektif dalam mengembangkan keterampilan memecahkan masalah pada materi pengurangan dan penjumlahan kelas II SD.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media Pembelajaran, Media Papan Kantung Pintar, Keterampilan Memecahkan Masalah
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 372 Dasar Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 20 Nov 2023 04:53
Perubahan Terakhir: 20 Nov 2023 04:53
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13741

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.