Larasati, Efita (2023) Penerapan Metode Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PTK Di Kelas VII SMP Negeri 7 Kota Serang, Materi Sejarah Bani Umayyah di Damaskus). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_191210017_Cover.pdf Download (57kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_191210017_Lampiran Depan.pdf Download (599kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_191210017_BAB I.pdf Download (499kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_191210017_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (568kB) |
||
Teks
S_PAI_191210017_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (688kB) |
||
Teks
S_PAI_191210017_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (523kB) |
||
|
Teks
S_PAI_191210017_BAB V.pdf Download (192kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_191210017_Daftar Pustaka.pdf Download (404kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan, 1) untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VII E SMPN 7 Kota Serang, 2) untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Talking Stick terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VII E SMPN 7 Kota Serang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas melalui 2 siklus dengan model pendekatan Kemmis dan M.C. Taggart. Alat pengumpul data pada penelitian ini adalah observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini ialah kelas VII E yang terdiri dari 15 siswa dan 20 siswi di SMP Negeri 7 Kota Serang. Sebelum dilakukan penelitian, peneliti mengamati bahwa hasil belajar peserta didik masih kurang baik, hal tersebut dapat diamati dari rendahnya hasil belajar peserta didik pada kegiatan pra siklus. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan statistik, pada kegiatan pra siklus persentase ketuntasan belajar peserta didik hanya mencapai 40% dengan jumlah peserta didik yang telah tuntas hanya 14 orang sedangkan yang belum tuntas sebanyak 21 orang, kemudian setelah diterapkan metode Talking Stick pada kegiatan siklus I persentase ketuntasan belajar peserta didik meningkat menjadi 69% dengan jumlah peserta didik yang telah tuntas sebanyak 24 orang sedangkan yang belum tuntas sebanyak 11 orang, lalu meningkat kembali pada kegiatan siklus II dengan memperoleh 86% dengan jumlah peserta didik yang telah tuntas sebanyak 30 orang sedangkan yang belum tuntas hanya 5 orang, Maka peneliti menyimpulkan bahwa metode Talking Stick berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di kelas VII E SMPN 7 Kota Serang.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | metode talking stick, hasil belajar peserta didik, pendidikan agama Islam dan budi pekerti |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 17 Nov 2023 04:21 |
Perubahan Terakhir: | 17 Nov 2023 04:21 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13731 |
Actions (login required)
Lihat Item |