Penerapan Konseling Behavioral fengan Teknik Self Management untuk Mengatasi Stres pada Mahasiswa yang Kuliah Sambil Bekerja (Studi di Prodi Bimbingan Konseling Islam Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten)

Ansari, Regita Ayu (2023) Penerapan Konseling Behavioral fengan Teknik Self Management untuk Mengatasi Stres pada Mahasiswa yang Kuliah Sambil Bekerja (Studi di Prodi Bimbingan Konseling Islam Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_181520121_Cover.pdf

Download (52kB)
[img] Teks
S_BKI_181520121_Lampiran Depan.pdf

Download (671kB)
[img] Teks
S_BKI_181520121_BAB I.pdf

Download (186kB)
[img] Teks
S_BKI_181520121_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (282kB)
[img] Teks
S_BKI_181520121_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (96kB)
[img] Teks
S_BKI_181520121_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (200kB)
[img] Teks
S_BKI_181520121_BAB V.pdf

Download (46kB)
[img] Teks
S_BKI_181520121_Daftar Pustaka.pdf

Download (46kB)

Abstrak

Stres adalah perasaan tertekan, baik fisik maupun psikologis, karena tuntutan yang dibebankan pada diri sendiri dan lingkungan. Mahasiswa yang bekerja dituntut untuk selalu disiplin dan bertanggung jawab atas tugas-tugas perkuliahan dan pekerjaannya. Mereka harus bisa mengatur dan membagi waktu untuk keduanya. Tak jarang, banyak dari mereka yang merasakan stres karena tuntutan tersebut. Stres yang dialami para mahasiswa yang kuliah sambil bekerja ini disebabkan oleh self management yang buruk pada mahasiswa itu sendiri. Seperti tidak mengatur atau membagi waktu untuk urusan kuliah dan pekerjaan, kurangnya pengendalian emosi, pikiran, maupun perasaan, pola hidup yang tidak teratur, dan lain sebagainya. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kondisi psikologis stres mahasiswa yang kuliah sambil bekerja?, 2) Bagaimana penerapan konseling behavioral dengan teknik self management untuk mengatasi stres pada mahasiswa yang kuliah sambil bekerja?, dan 3) Bagaimana hasil dari penerapan konseling behavioral dengan teknik self management untuk mengatasi stres pada mahasiswa yang kuliah sambil bekerja? Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui kondisi psikologis stres mahasiswa yang kuliah sambil bekerja, 2) Untuk mengetahui penerapan konseling behavioral dengan teknik self management untuk mengatasi stres pada mahasiswa yang kuliah sambil bekerja, dan 3) Untuk mengetahui hasil dari penerapan konseling behavioral dengan teknik self management untuk mengatasi stres pada mahasiswa yang kuliah sambil bekerja. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif-tindakan yang digunakan untuk mendapatkan gambaran dari permasalahan dengan menggunakan eksplorasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni 2023 hingga bulan Juli 2023. Jumlah responden dalam penelitian ini yaitu 4 orang yang terdiri dari 2 orang laki-laki dan 2 orang perempuan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan: 1) Kondisi psikologis stres yang dialami oleh mahasiswa yang kuliah sambil bekerja yaitu stres akibat kuliah dan bekerja yang dilakukannya, sehingga memberi dampak buruk pada kehidupan mereka. 2) Penerapan konseling behavioral dengan teknik self management untuk mengatasi stres ini menggunakan empat tahap, yaitu self monitoring, self reward, self contracting, dan stimulus control. 3) Hasil dari penerapan konseling behavioral dengan teknik self management untuk mengatasi stres pada mahasiswa yang kuliah sambil bekerja dapat dilihat dari kondisi para mahasiswa baik dari psikis maupun perilaku yang tampak sebelum dan sesudah melakukan konseling. Para mahasiswa sudah dapat memperbaiki perilakunya, sehingga dapat mengontrol stres dan menjadi berkurang.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): konseling behavioral, self management, stres, kuliah sambil bekerja
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 158 Terapan Psikologi
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 15 Nov 2023 08:32
Perubahan Terakhir: 16 Apr 2024 02:07
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13709

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.