Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Reinforcement Positif pada Bullying pada Anak (Studi Kampung Lebong Desa Sanding Kecamatan Petir Kabupaten Serang)

Yulianti, Ayu (2023) Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Reinforcement Positif pada Bullying pada Anak (Studi Kampung Lebong Desa Sanding Kecamatan Petir Kabupaten Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_191520113_Cover.pdf

Download (110kB)
[img] Teks
S_BKI_191520113_Lampiran Depan.pdf

Download (589kB)
[img] Teks
S_BKI_191520113_BAB I.pdf

Download (308kB)
[img] Teks
S_BKI_191520113_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (329kB)
[img] Teks
S_BKI_191520113_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (254kB)
[img] Teks
S_BKI_191520113_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (456kB)
[img] Teks
S_BKI_191520113_BAB V.pdf

Download (94kB)
[img] Teks
S_BKI_191520113_Daftar Pustaka.pdf

Download (772kB)

Abstrak

Bullying adalah perilaku yang agresif tipe proaktif yang didalam nya terdapat aspek kesengajaan untuk mendominasi seseorang, menyingkirkan atau menyakiti, adanya ketidak kesimbangan baik secara mental, fisik, usia, kemampuan kognitif, keterampilan, maupun status sosial, serta dilakukan secara berulang oleh kelompok orang atau satu anak terhadap anak lain menimbulkan berbagai masalah pada anak-anak akhir. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “Bagaimana kondisi perilaku anak-anak akhir terhadap sikap perilaku bullying?. Bagaimana penerapan reinforcement positif anak-anak akhir terhadap sikap perilaku bullying?. Bagaimana hasil bimbingan kelompok dengan teknik reinforcement positif untuk mencegah bullying pada anak-anak akhir?. Tujuannya adalah untuk mengetahui kondisi perilaku anak-anak akhir terhadap sikap perilaku bullying, untuk mengetahui penerapan reinforcement positif anak-anak akhir terhadap sikap perilaku bullying, untuk mengetahui hasil bimbingan kelompok dengan teknik reinforcement positif untuk mencegah bullying pada anak-anak akhir. Jenis penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif, penelitian deskriptif ini mencoba memberikan ide secara sistematis dan cermat terhadap fakta yang sebenarnya dan karakteristik populasi tertentu, rencana pendekatannya melalui studi kasus yang metode penelitiannya menggunakan strategi untuk menemukan kasus-kasus tertentu karena menggunakan cara yang sistematis dalam melakukan pengamatan, pengumpulan data, analisis informasi, dan pelaporan hasilnya. Hasil penerapan layanan bimbingan kelompok dengan teknik reinforcement positif untuk mencegah bullying pada anak-anak akhir di Kampung Lebong Desa Sanding Kecamatan Petir Kabupaten Serang . Setelah anak-anak akhir mampu mencegah tindakan kekerasan bullying untuk tidak terjadi. Anak-anak akhir memiliki rasa percaya diri yang lebih untuk menanggulangi bilama mana terjadi bullying pada dirinya. Anak-anak akhir sudah mengetahui bagaimana faktor dan dampak bila terjadi bullying. Layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik reinforcement positif yang dilakukan bimbingan sebanyak 4 kali pertemuan dan di ikuti oleh sebanyak 4 responden pada anak-anak akhir.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Mencegah Bullying, Anak-Anak Akhir, Teknik Reinforcement Positif
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 158 Terapan Psikologi
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 15 Nov 2023 04:37
Perubahan Terakhir: 04 Apr 2024 05:08
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13707

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.