Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Expressive Writing dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional pada Remaja

Rosita, Ita (2023) Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Expressive Writing dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional pada Remaja. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_191520190_Cover.pdf

Download (217kB)
[img] Teks
S_BKI_191520190_Lampiran Depan.pdf

Download (520kB)
[img] Teks
S_BKI_191520190_BAB I.pdf

Download (441kB)
[img] Teks
S_BKI_191520190_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (386kB)
[img] Teks
S_BKI_191520190_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (550kB)
[img] Teks
S_BKI_191520190_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (334kB)
[img] Teks
S_BKI_191520190_BAB V.pdf

Download (86kB)
[img] Teks
S_BKI_191520190_Daftar Pustaka.pdf

Download (218kB)

Abstrak

Kecerdasan emosional adalah kemampuan individu dalam mengelola emosi, perasaan, pikiran secara tepat dan efektif untuk membangun hubungan dan kerja sama dengan orang lain untuk mencapai suatu tujuan. Hal tersebut menjadi alasan mengapa kecerdasan emosional sangat penting bagi kehidupan individu. Layanan bimbingan kelompok dengan teknik expressive writing merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan kecerdasan emosional pada remaja. Adapun subjek penelitian yaitu remaja di RT/RW 010/004 Desa Sindanglaya, Kecamatan Cinangka, Serang-Banten. Rumusan masalah yang menjadi fokus penelitian ini adalah “Apakah Terdapat Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Expressive Writing Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional pada Remaja?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik expressive writing dalam meningkatkan kecerdasan emosi pada remaja. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif eksperimen dengan model pretest-posttest one grup design dengan satu perlakuan (treatment). Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan statistic parametric dengan uji paired-sampel T-test dengan bantuan SPSS versi 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Adanya peningkatan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest. Dapat dilihat dari perolehan jumlah skor pretest yaitu 1.463 skor dan perolehan jumlah skor pada posttest meningkat menjadi 1.954 skor. 2) Hasil uji paired sample t-test menunjukkan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000, karena nilai sig. (2-tailed) <alpha 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): bimbingan kelompok, teknik expressive writing, kecerdasan emosional, remaja
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 158 Terapan Psikologi
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 15 Nov 2023 04:30
Perubahan Terakhir: 04 Apr 2024 05:02
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13706

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.