Konseling REBT dalam Mengatasi Masalah Penerimaan Diri pada Mahasiswa Bimbingan Konseling Islam Semester Akhir (Studi di Fakultas Dakwah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten)

Tasyri’iyah, Tasyri’iyah (2023) Konseling REBT dalam Mengatasi Masalah Penerimaan Diri pada Mahasiswa Bimbingan Konseling Islam Semester Akhir (Studi di Fakultas Dakwah UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_191520047_Cover.pdf

Download (161kB)
[img] Teks
S_BKI_191520047_Lampiran Depan.pdf

Download (793kB)
[img] Teks
S_BKI_191520047_BAB I.pdf

Download (251kB)
[img] Teks
S_BKI_191520047_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (343kB)
[img] Teks
S_BKI_191520047_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (246kB)
[img] Teks
S_BKI_191520047_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (262kB)
[img] Teks
S_BKI_191520047_BAB V.pdf

Download (91kB)
[img] Teks
S_BKI_191520047_Daftar Pustaka.pdf

Download (161kB)

Abstrak

Mahasiswa akhir tergolong masih berada di usia remaja akhir, yang di mana pada usia-usia ini tidak menutup kemungkinan memiliki pikiran irrasional pada dirinya, baik mengenai penampilan ataupun yang lainnya. Hal ini bisa terjadi sebab usia remaja akhir sudah memikirkan hal-hal yang menurutnya harus sempurna di mata orang lain. Seperti halnya dalam urusan penampilan, bentuk tubuh, faktor ekonomi dan masih banyak lagi. Beberapa faktor tersebut menyebabkan mereka mempunyai pikiran irrasional terhadap dirinya sendiri yang menganggap tidak mampu seperti orang lain. Penelitian ini memiliki rumusan masalah: (1) Bagaimana proses dalam konseling REBT dalam mengatasi masalah penerimaan diri pada mahasiswa bimbingan konseling islam semester akhir. (2) Bagaimana hasil penerapan konseling REBT dalam mengatasi masalah penerimaan diri pada mahasiswa bimbingan konseling islam semester akhir. Dan penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui proses dalam konseling REBT dalam mengatasi masalah penerimaan diri pada mahasiswa bimbingan konseling islam semester akhir. (2) Untuk mengetahui hasil penerapan konseling REBT dalam mengatasi masalah penerimaan diri pada mahasiswa bimbingan konseling islam semester akhir. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif, yang digunakan untuk merubah pikiran irrasional mahasiswa menjadi rasional mengenai penerimaan diri. Sedangkan pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif berupa lisan atau ucapan dari perilaku yang sedang diamati. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah; Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan tahapan selama proses konseling REBT melalui empat tahap pertemuan; Diawali dengan membangun chemistry, membangkitkan motivasi, dan yang terakhir adalah evaluasi dari proses konseling yang dilakukan. Pada hasil proses konseling ini terjadi perubahan dalam pikiran klien yang sebelumnya irrasional menjadi rasional mengenai penerimaan diri, memiliki cara pandang baru dan mampu mengambil tindakan terhadap masalah yang dialaminya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Konseling REBT, Penerimaan diri
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 153 Mental proses & kecerdasan
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 15 Nov 2023 04:14
Perubahan Terakhir: 04 Apr 2024 05:04
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13705

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.