Pengaruh Strategi Marketing Public Relations Terhadap Kepercayaan Masyarakat di Daerah UrbanFringe Padat Industri (Studi Kasus Koperasi BMI Cabang 055 Bojonegara)

Aisi, Rihadatul (2023) Pengaruh Strategi Marketing Public Relations Terhadap Kepercayaan Masyarakat di Daerah UrbanFringe Padat Industri (Studi Kasus Koperasi BMI Cabang 055 Bojonegara). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_ES_191410035_COVER.pdf

Download (212kB)
[img] Teks
S_ES_191410035_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_ES_191410035_BAB I.pdf

Download (412kB)
[img] Teks
S_ES_191410035_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (472kB)
[img] Teks
S_ES_191410035_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (476kB)
[img] Teks
S_ES_191410035_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (539kB)
[img] Teks
S_ES_191410035_BAB V.pdf

Download (186kB)
[img] Teks
S_ES_191410035_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (395kB)

Abstrak

Saat ini keberadaan koperasi syariah bukan hanya berada di lingkungan perkotaan saja tetapi sudah menyebar di lingkungan daerah urban fringe. Salah satunya ialah Koperasi Syariah Benteng Mikro Indonesia Cabang 055 Bojonegara. Meskipun koperasi tersebut terletak di daerah urban fringe padat industri berbasis konvensional, namun eksistensi koperasi tersebut tetap terjaga. Tercatat dari tahun 2020 – 2023 terdapat jumlah anggota sebanyak 1238. Angka tersebut tentu dikatakan sedikit jika dibandingkan dengan total penduduk di kecamatan Bojonegara sebanyak 44.552 atau dengan presentase 2,7 %. Oleh karena itu diperlukan strategi khusus yaitu strategi marketing public relations untuk membangun kepercayaan masyarakat di daerah urban fringe padat industri berbasis konvensional pada Koperasi Syariah Benteng Mikro Indonesia Cabang 055 Bojonegara. Adapun tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui serta menganalisis pengaruh marketing public relations terhadap kepercayaan masyarakat di daerah urban fringe padat industri pada Koperasi Syariah Benteng Mikro Indonesia Cabang 055 Bojonegara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistik deskriptif, uji kualitas data menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik ( uji normalitas dan heteroskedastisitas) dan uji hipotesis menggunakan analisis regresi linear sederhana, uji parsial ( uji t ) dan uji koefesisen determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi marketing public relations berpengaruh terhadap kepercayaan didaerah urban fringe padat industri. Hal ini berdasarkanh hasil uji t dengan hasil t hitung 10,905 > t tabel 1,989. Adapun nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima artinya variable marketing public relations (X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan masyarakat (Y). Hubungan antar variabel marketing public relations (X) dengan kepercayaan masyarakat dikatakan kuat karena R sebesar 0,769 mendekati angka 1dan R Square dengan tingkat signifikansi 59,2 % adapun sisanya sebesar 40,8 % disebabkan oleh faktor lain yang tidak dijelaskan pada penelitian ini.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 03 Nov 2023 02:39
Perubahan Terakhir: 03 Nov 2023 02:39
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13661

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.