Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Kitab Adab Al-‘Alim Wal Muta’allim dan Relevansinya Dengan Pendidikan Agama Islam

Zainu, Muhammad (2023) Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Kitab Adab Al-‘Alim Wal Muta’allim dan Relevansinya Dengan Pendidikan Agama Islam. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PAI_171210112_Cover.pdf

Download (3MB)
[img] Teks
S_PAI_171210112_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_PAI_171210112_BAB I.pdf

Download (471kB)
[img] Teks
S_PAI_171210112_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (400kB)
[img] Teks
S_PAI_171210112_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (245kB)
[img] Teks
S_PAI_171210112_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (594kB)
[img] Teks
S_PAI_171210112_BAB V.pdf

Download (262kB)
[img] Teks
S_PAI_171210112_Daftar Pustaka.pdf

Download (286kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan akhlak sebagaimana diuraikan dalam kitab Adab al-'Alim wa al-Muta'allim oleh KH. Hasyim Asy'ari, untuk mengetahui nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam kitab Adab Asy'ari Adabul 'Alim Wal Muta'allim oleh KH. Muhammad Hasyim dan untuk membandingkan dan mengkontraskan nilai pendidikan akhlak yang terdapat pada kitab Adab al'Alim Wal Muta'allim oleh KH. Muhammad Hasyim dengan Pendidikan Agama Islam. Adapun manfaat dari penelitian ini adalah untuk lebih memahami pendidikan akhlak dan untuk menjadi pribadi yang lebih bermoral melalui belajar akhlak yang sesuai dengan aturan agama Islam peneliti serta dapat menambah wawasan dan dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari bagi siswa, guru, lembaga pendidikan, pembaca dan penelitian selanjutnya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam kitab karya KH. Hasyim Asy'ari yang dijelaskan mulai bab kedua sampai bab ke delapan. Nilai- nilai pendidikan Akhlak dalam kitab Adab al-'Alim wa al-Muta'allim karya KH. Hasyim Asy‟ari dibagi menjadi dua yaitu nilai-nilai pendidikan akhlak bagi pelajar dan nilai-nilai pendidikan akhlak bagi pengajar. Adapun nilai-nilai pendidikan akhlak bagi pelajar meliputi nilai pendidikan akhlak bagi pelajar terhadap dirinya sendiri, terhadap pengajarnya, ketika proses pembelajaran dan terhadap kitabnya. Adapun nilai-nilai pendidikan akhlak bagi pengajar meliputi nilai pendidikan akhlak bagi pengajar terhadap dirinya sendiri, terhadap pelajarannya dan terhadap pelajaranya. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah temuan dan paparan dalam kitab Adab al-'Alim wa al-Muta'allim mengenai nilai-nilai pendidikan akhlak sangatlah relavan dengan pembelajaran pada pendidikan agama Islam saat ini. Dimana dalam pendidikan agama Islam pendidikan akhlak merupakan salah satu yang terpenting. Sebagaimana tujuan pendidikan Islam yaitu mengarahkan kepada pembentukan kepribadian manusia, pada tujuan yang ideal perspektif yang Islami.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Nilai Pendidikan Akhlak, Kitab Adab Al-‘Alim Wal Muta’allim, Relevansi, Pendidikan Agama Islam
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 31 Okt 2023 03:24
Perubahan Terakhir: 31 Okt 2023 03:24
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13639

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.