Pengembangan Papan Pintar Perubahan Energi Listrik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar

Lestari, Puji (2023) Pengembangan Papan Pintar Perubahan Energi Listrik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240042_Cover.pdf

Download (122kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240042_Lampiran Depan.pdf

Download (687kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240042_BAB I.pdf

Download (249kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_191240042_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (360kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240042_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (500kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240042_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240042_BAB V.pdf

Download (156kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240042_Daftar Pustaka.pdf

Download (230kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan berpikir tinggi siswa kelas IV SD Negeri Terate. Hal ini di sebabkan kurangnya media pembelajaran dan antusias peserta didik pada saat mengikuti kegiatan pembelajaran yang digunakan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui rancangan pengembangan media Papan Pintar dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas IV di Sekolah Dasar. 2) untuk mengetahui kelayakan media Papan Pintar untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tingggi siswa kelas IV di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research And Development (R&D). Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah : 1) rancangan pengembangan media Papan Pintar mengggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), evaluasi (evaluation). 2) kelayakan media pembelajaran Papan Pintar untuk hasil penilaian 1 ahli media memperoleh nilai akhir 90,90% dengan kategori “Sangat Layak”. Sedangkan penilaian 2 ahli materi memperoleh nilai akhir 89,90% dengan kategori “Sangat Layak”. Selanjutnya penilaian akhir kuesioner respon pendidik dan peserta didik. Penilaian 1 kuesioner respon pendidik memperoleh nilai akhir 90,90% dengan kategori “Sangat Layak”. Sedangkang penilaian 2 kuesioner respon peserta didik memperoleh nilai akhir 93,3% dengan kategori “Sangat Layak”. Selanjutnya hasil dari penilaian untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dengan mengggunakan Pre-Test dan Post-Test memperoleh nilai akhir 11,59. Dengan demikian media Papan Pintar untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas IV sangat layak untuk digunakan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media Pembelajaran Papan Pintar untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 30 Okt 2023 08:49
Perubahan Terakhir: 30 Okt 2023 08:49
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13632

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.