Lestari, Puji (2023) Pengembangan Papan Pintar Perubahan Energi Listrik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_191240042_Cover.pdf Download (122kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191240042_Lampiran Depan.pdf Download (687kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191240042_BAB I.pdf Download (249kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_191240042_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (360kB) |
||
Teks
S_PGMI_191240042_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (500kB) |
||
Teks
S_PGMI_191240042_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (1MB) |
||
|
Teks
S_PGMI_191240042_BAB V.pdf Download (156kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191240042_Daftar Pustaka.pdf Download (230kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan berpikir tinggi siswa kelas IV SD Negeri Terate. Hal ini di sebabkan kurangnya media pembelajaran dan antusias peserta didik pada saat mengikuti kegiatan pembelajaran yang digunakan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui rancangan pengembangan media Papan Pintar dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas IV di Sekolah Dasar. 2) untuk mengetahui kelayakan media Papan Pintar untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tingggi siswa kelas IV di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Research And Development (R&D). Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah : 1) rancangan pengembangan media Papan Pintar mengggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), evaluasi (evaluation). 2) kelayakan media pembelajaran Papan Pintar untuk hasil penilaian 1 ahli media memperoleh nilai akhir 90,90% dengan kategori “Sangat Layak”. Sedangkan penilaian 2 ahli materi memperoleh nilai akhir 89,90% dengan kategori “Sangat Layak”. Selanjutnya penilaian akhir kuesioner respon pendidik dan peserta didik. Penilaian 1 kuesioner respon pendidik memperoleh nilai akhir 90,90% dengan kategori “Sangat Layak”. Sedangkang penilaian 2 kuesioner respon peserta didik memperoleh nilai akhir 93,3% dengan kategori “Sangat Layak”. Selanjutnya hasil dari penilaian untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi dengan mengggunakan Pre-Test dan Post-Test memperoleh nilai akhir 11,59. Dengan demikian media Papan Pintar untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas IV sangat layak untuk digunakan.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Media Pembelajaran Papan Pintar untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 30 Okt 2023 08:49 |
Perubahan Terakhir: | 30 Okt 2023 08:49 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13632 |
Actions (login required)
Lihat Item |