Toharotunnisa, Siti Asyifa (2023) Penerapan Metode Keteladanan dan Pembiasaan Dalam Mengembangkan Nilai-Nilai Karakter Disiplin Anak Usia 5-6 Tahun Di KB Al-Hidayah Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PIAUD_191260048_Cover.pdf Download (142kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_191260048_Lampiran Depan.pdf Download (470kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_191260048_BAB I.pdf Download (211kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PIAUD_191260048_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (413kB) |
||
Teks
S_PIAUD_191260048_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (230kB) |
||
Teks
S_PIAUD_191260048_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (515kB) |
||
|
Teks
S_PIAUD_191260048_BAB V.pdf Download (14kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_191260048_Daftar Pustaka.pdf Download (159kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Karakter disiplin menjadi suatu hal yang penting untuk ditanamkan sebagai penguatan dengan menekankan serta menunjukkan suatu nilai moral kontinuitas dalam membina karakter atau watak individu. Karakter disiplin tentu akan tercermin dari perilaku siswa apabila suatu kebijakan yang ditanamkan sering dilakukan dengan memberi kontribusi yang positif serta kebiasaan menjadikan contoh nilai-nilai karakter disiplin itu sendiri. Hal itu tentu tidak terlepas dari suatu keberhasilan pendidikan karakter disiplin yang diterapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode keteladan dan pembiasaan dalam mengembangkan nilai-nilai karakter disiplin anak usia 5-6 tahun di KB Al-Hidayah Kota Serang. Dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan metode keteladan dan pembiasaan dalam mengembangkan nilai-nilai karakter disiplin anak usia 5-6 tahun di KB Al-Hidayah Kota Serang. Penelitian ini merupakan penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif, penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi sebagai teknik pengumpulan data. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas dan peserta didik anak usia 5-6 tahun kelas B di KB Al-Hidayah Kota Serang. Hasil penelitian ini menunjukan: penerapan metode keteladan dan pembiasaan dalam mengembangkan nilai-nilai karakter disiplin anak usia 5-6 tahun di KB Al-Hidayah Kota Serang sudah optimal. Penerapan metode keteladanan dan pembiasaan untuk membentuk karakter disiplin anak usia 5- 6 tahun yang dilakukan oleh pendidik diantaranya: metode keteladanan dan pembiasaan. Faktor pendukung penerapan metode keteladanan dan pembiasaan dalam mengembangkan nilai-nilai disiplin anak usia 5-6 tahun yaitu: Adanya pengawasan atau kontol dari Kepala Sekolah, dukungan orang tua, kesadaran dari dalam diri siswa, guru harus terlibat langsung dengan siswa, serta sarana dan prasarana. Dan adapun faktor penghambat penerapan metode keteladanan dan pembiasaan dalam mengembangkan nilai-nilai disiplin anak usia 5-6 tahun yaitu: Kurangnya kesadaran siswa mematuhi karakter disiplin, faktor lingkungan.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Metode Keteladanan, Metode Pembiasaan, Anak Usia Dini, Nilai-nilai Karakter Disiplin |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 30 Okt 2023 04:08 |
Perubahan Terakhir: | 30 Okt 2023 04:08 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13622 |
Actions (login required)
Lihat Item |