Hafidzin, Muhamad Wahid (2023) Pengembangan Buku Ajar “Al-Miftah Lil Ulum” dalam Pelajaran Nahwu untuk Siswa Kelas Dua Belas Tingkat Aliyyah (Ananlisis Pengembangan Kitab Al-Miftah Lil Ulum Juz 1 tentang Isim di Pondok Pesantren Kun Karima Madrasah Aliyah Pandeglang Banten). Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
T_PBA_202650003_Cover.pdf Download (261kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_PBA_202650003_Lampiran Depan.pdf Download (585kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_PBA_202650003_BAB I.pdf Download (441kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
T_PBA_202650003_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (729kB) |
||
Teks
T_PBA_202650003_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (389kB) |
||
Teks
T_PBA_202650003_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (821kB) |
||
|
Teks
T_PBA_202650003_BAB V.pdf Download (267kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
T_PBA_202650003_Daftar Pustaka.pdf Download (340kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Pembelajaran tata bahasa tentang kata benda di kelas 12 SMA Pondok Pesantren Kun Karima Pandeglang terdapat beberapa kesulitan, 22 siswa merasa bahwa tata bahasa merupakan hal yang sulit untuk dipelajari, terutama bagi siswa pemula yang baru belajar tata bahasa dan sumber materi pendidikan yang menggunakan bahasa Arab. tanpa bahasa yang buta huruf. Maka pertanyaannya adalah bagaimana mengembangkan buku ajar tata bahasa agar siswa dapat memahaminya sebagai sumber pendidikan dan mudah dipahami. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengembangan buku ajar, untuk mengidentifikasi keefektifan buku ajar “Al-Miftah Lil Ulum Juz 1”, dan untuk mengidentifikasi kekurangan dan kelebihan buku ajar “Al-Miftah Lil Ulum Juz 1” dalam pelajaran Nahwu untuk siswa kelas dua belas tingkat menengah atas Pondok Pesantren Kun Karima Pandeglang. Metodologi penelitian adalah penelitian dan pengembangan untuk mengidentifikasi pengembangan buku teks (buku ajar) dalam pelajaran Nahwu tentang Isim, dalam hal ini peneliti yang menggunakan teori Borg and Gall yang mana dalam terori ini ada langkah-langkah untuk mengembangkan buku ajar tentang Isim yaitu ada sepuluh langkah, namun peneliti menggunakan enam langkah saja. Alat penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dua tes: pre-test dan post-test. Setelah mengembangkan buku ajar, diperoleh hasil bahwa keefektifan penelitian yang diuji dalam bentuk post-test lebih besar dari pada pre-test: 85% lebih besar dari 68%, sehingga terdapat perbedaan yang besar. Hal ini berarti bahwa pengembangan buku ajar dalam pelajaran Nahwu pada kata benda (Isim) memiliki efektivitas yang besar pada tingkat kemampuan siswa kelas XII SMA Pondok Pesantren Kun Karima Pandeglang.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Pengembangan, Buku teks, Pengajaran Ilmu Nahwu |
Subjek: | 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait |
Divisi: | Magister > Pendidikan Bahasa Arab |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 27 Okt 2023 02:43 |
Perubahan Terakhir: | 29 Mei 2024 08:06 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13608 |
Actions (login required)
Lihat Item |