Penerapan Bibliocounseling untuk Mengatasi Kecemasan pada Followers Komunitas Buku STAY Reading Club

Fitriani, Annida (2023) Penerapan Bibliocounseling untuk Mengatasi Kecemasan pada Followers Komunitas Buku STAY Reading Club. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_191520022_Cover.pdf

Download (23kB)
[img] Teks
S_BKI_191520022_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_BKI_191520022_BAB I.pdf

Download (249kB)
[img] Teks
S_BKI_191520022_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (531kB)
[img] Teks
S_BKI_191520022_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (96kB)
[img] Teks
S_BKI_191520022_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (314kB)
[img] Teks
S_BKI_191520022_BAB V.pdf

Download (11kB)
[img] Teks
S_BKI_191520022_Daftar Pustaka.pdf

Download (177kB)

Abstrak

Kecemasan kerap dialami para setiap orang, kecemasan sudah menjadi bagian dari kehidupan yang tidak dapat dihindari, hanya saja bagaimana kita mengelola kecemasan yang kita miliki. Metode bibliokonseling ini dapat mengatasi kecemasan yang biasanya muncul gejala tidak percaya diri, kurangnya penghargaan diri sendiri, jantung berdebar-debar, mengasingkan diri dari kehidupan sosial, dll. Kecemasan dirasakan pula oleh para pengikut Twitter Komunitas buku STAY Reading Club. Kecemasan yang mereka rasakan memiliki sumber yang berbeda-beda, namun dengan penerapan bibliokonseling, kecemasan yang dialami mampu diatasi. Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan masalah dari penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kecemasan yang dialami oleh followers komunitas buku STAY Reading Club, 2) Bagaimana proses penerapan bibliokonseling pada followers komunitas buku STAY Reading Club, 3) Bagaimana hasil penerapan layanan bibliokonseling dalam mengatasi masalah kecemasan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif, yaitu pendekatan penelitian yang digunakan untuk memahami dan mendeskripsikan fenomena atau situasi yang sedang diteliti secara rinci dan mendalam. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah: 1) Wawancara, 2) Observasi partisipatif, 3) Analisis Dokumen. Penelitian ini dilaksanakan pada Februari-Juni 2023, dengan jumlah responden penelitian berjumlah 3 orang, yaitu MW, IP, dan MK yang memiliki latar berbeda-beda. Kesimpulan yang dapat diambil berdasarkan hasil penelitian yaitu, 1) Gambaran kecemasan yang dialami oleh pengikut Twitter Komunitas buku STAY Reading Club, seperti rendahnya tingkat kepercayaan diri yang mereka miliki, dimana mereka merasa diri tidak berharga dan tidak mampu mengatasi masalah hidup. 2) Penerapan layanan bibliokonseling dengan memilih buku yang cocok untuk mengatasi kecemasan yang dialami klien. Untuk mengatasi kecemasan, peneliti mengarahkan para klien ini untuk membaca buku nonfiksi yang dapat membantu mereka mengenali dan menghadapi kecemasan yang mereka rasakan. 3) Hasil penerapan layanan bibliokonseling untuk ketiga klien menyatakan bahwa metode ini memberikan dampak positif dalam mengatasi kecemasan yang sedang dialami oleh mereka.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Bibliocounseling, Anxiety, Book Theraphy
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 158 Terapan Psikologi
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 26 Okt 2023 03:49
Perubahan Terakhir: 04 Apr 2024 03:35
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13585

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.