Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Pengelolaan Manajemen dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Di MTs. Negeri 3 Pandeglang dan MTS Nurul Fata Marapat Cigeulis Kabupaten Pandeglang)

Abdurahman, Tatang (2023) Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Pengelolaan Manajemen dalam Meningkatkan Kinerja Guru (Di MTs. Negeri 3 Pandeglang dan MTS Nurul Fata Marapat Cigeulis Kabupaten Pandeglang). Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
T_MPI_212625027_Cover.pdf

Download (54kB)
[img] Teks
T_MPI_212625027_Lampiran Depan.pdf

Download (630kB)
[img] Teks
T_MPI_212625027_BAB I.pdf

Download (392kB)
[img] Teks
T_MPI_212625027_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (647kB)
[img] Teks
T_MPI_212625027_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (226kB)
[img] Teks
T_MPI_212625027_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (458kB)
[img] Teks
T_MPI_212625027_BAB V.pdf

Download (92kB)
[img] Teks
T_MPI_212625027_Daftar Pustaka.pdf

Download (256kB)

Abstrak

Data Reduction (Reduksi Data): Data yang diperoleh dari lapangan jumlahnya cukup banyak, untuk itu maka perlu dicatat secara teliti dan rinci. Data Display (penyajian data): Melalui penyajian data tersebut, maka data terorganisasikan, tersusun dalam pola hubungan, sehingga akan semakin mudah difahami. Dalam penelitian kualitatif, penyajian data bisa dilakukan dalam bentuk uraian singkat, bagan, hubungan antar kategori. Analisis Data Model Miles dan Huberman. Analisis data dalam penelitian kualtatif, dilakukan pada saat pengumpulan data berlangsung, dan setelah selesai pengumpulan data dalam periode tertentu. Pada saat wawancara, peneliti sudah melakukan analisis terhadap jawaban yang di wawancarai. Berdasarkan latar belakang di atas, maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTs. Negeri 3 Pandeglang dan MTS. Nurul Fata Marapat Kecamatan Cigeulis? 2)Bagaimana pengelolaan manajemen madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTs. Negeri 3 Pandeglang dan MTS. Nurul Fata Marapat Kecamatan Cigeulis? 3) Bagaimana Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah dan pengelolaan manajemen madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTs. Negeri 3 Pandeglang dan MTS. Nurul Fata Marapat Kecamatan Cigeulis? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui peran Kepemimpinan Kepala Madrasah. 2) Untuk mengetahui Pengelolaan Manajemen Madrasah. 3) Untuk mengetahui peran kepemimpinan kepala madrasah dan Pengelolaan Manajemen Madrasah dalam meningkatkan kinerja guru. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan instrumen penelitian: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi informan pada penelitian yaitu Kepala Madrasah, guru MTs.N 3 Pandegalng, kepala dan guru MTS. Nurul Fata Marapat yang dapat memberikan keterangan mengenai permasalahan penelitian. Teknik analisis data menggunakan analisis data Miles dan Hubberman yang terdiri daari mereduksi data, menyajikan data, serta penarikan kesimpulan. Kesimpulan yang diperloeh dari penelitian ini adalah: (1) Peranan kepemimpinan kepala madrasah: kepemimpinan demokratis, pengambilan keputusan, pembelajaran disiplin tinggi, rapat rutun/briefing mingguan, komunikasi, konsultasi, kunjungan kelas, teladan, meminimalisir konflik, evaluasi (2) Pengelolaan manajemen madrasah: kurikulum, tenaga pendidik dan kependidikan, kesiswaan, sarana dan prasarana pengelolaan hubungan masyarakat, manajemen iklim madrasah (3) kinerja guru: pembinaan disiplin, pembangkitan motivasi, pengembangan guru, penghargaan/reword, kemampuan Menyusun RPP.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Peran kepemimpinan kepala Madrasah. Pengelolaan Manajemen Madrasah, Kinerja Guru.
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 26 Okt 2023 03:10
Perubahan Terakhir: 26 Okt 2023 03:10
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13580

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.