Strategi Pemasaran Pendidikan Program Tahfidz Qur’an untuk Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat (Studi Kasus di PPTQ Ibnu Abbas Taktakan Serang dan Salsabila Tahfidz Boarding School Dalung Serang)

Nurazizah, Sita (2023) Strategi Pemasaran Pendidikan Program Tahfidz Qur’an untuk Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat (Studi Kasus di PPTQ Ibnu Abbas Taktakan Serang dan Salsabila Tahfidz Boarding School Dalung Serang). Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
T_MPI_212625009_Cover.pdf

Download (117kB)
[img] Teks
T_MPI_212625009_Lampiran Depan.pdf

Download (514kB)
[img] Teks
T_MPI_212625009_BAB I.pdf

Download (447kB)
[img] Teks
T_MPI_212625009_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (755kB)
[img] Teks
T_MPI_212625009_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (347kB)
[img] Teks
T_MPI_212625009_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (460kB)
[img] Teks
T_MPI_212625009_BAB V.pdf

Download (169kB)
[img] Teks
T_MPI_212625009_Daftar Pustaka.pdf

Download (258kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: mendeskripsikan, kendala, mengevaluasi dan solusi dari strategi pemasaran pendidikan program tahfidz qur’an untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat di PPTQ Ibnu Abbas dan Salsabila Tahfidz Boarding School. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang didapat kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis dara kualitatif yang terdiri dari : (a) reduksi data, (b) penyajian data, dan (c) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian diketahui bahwa: 1) perencanaan strategi pemasaran pendidikan program tahfidz qur’an untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat di PPTQ Ibnu Abbas dan Salsabila Tahfidz Boarding School Serang yaitu rapat koordinasi di awal tahun ajaran pendidikan, penetaptan program kegiatan mingguan, bulanan dan tahunan serta penetapan kebutuhan pemasaran pendidikan. 2) pelaksanaan strategi pemasaran pendidikan program tahfidz qur’an di PPTQ Ibnu Abbas Taktakan Serang aktif mengikuti perlombaan dan Salsabila Tahfidz Boarding School rutin mengadakan perlombaan MHQ untuk umum serta mengundang influencer ternama. Keduanya melakukan sesuai planning seperti melaksanakan program mingguan, bulanan dan tahunan seperti kegiatan PHBI, penyebaran brosur, presentas dari sekolah ke sekolah, memanfaatkan relasi santri, oranguta santri dan alumni serta menggunakan informasi digital di era modern seperti whatsapp, instagram, youtube, dan aplikasi tiktok. 3) faktor pendukung dan faktor penghambat strategi pemasaran pendidikan tahfidz qur’an untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat di PPTQ Ibnu Abbas yaitu tenaga pendidikan dan kependidikan, sumber ekonomi internal (ibbas mart) dan sumber ekonomi eksternal (kebun, tanaman sereh, dan pangkal gas ibbas). Adapun faktor penghambat yaitu masyarakat, kurangnya suntikan dana untuk pemasaran dan fasilitas kelas dan gedung serta beberapa artikel miring di media sosial yang dapat mempengaruhi turunnya kepercayaan masyarakat. Adapun faktor pendukung dan penghambat Salsabila Tahfidz Boarding School Serang yaitu SDM yang mendukung dan do’a dari banyak kalangan. Dan faktor penghambat yaitu kendala pihak manajemen pemasaran karena tidak memilih strategi pemasaran yang tepat sehingga banyaknya pengeluaran dana yang tidak sesuai dengan feedbacknya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Strategi Pemasaran Pendidikan, Program Tahfidz Qur’an, Kepercayaan Masyarakat
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisi: PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 26 Okt 2023 02:16
Perubahan Terakhir: 26 Okt 2023 02:16
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13577

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.