Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Muzakki Dalam Membayar ZIS (Studi Pada Baznas Provinsi Banten)

Musana, Kholid (2023) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Muzakki Dalam Membayar ZIS (Studi Pada Baznas Provinsi Banten). Magister thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
T_ES_212641006_Cover.pdf

Download (103kB)
[img] Teks
T_ES_212641006_Lampiran Depan.pdf

Download (815kB)
[img] Teks
T_ES_212641006_BAB I.pdf

Download (437kB)
[img] Teks
T_ES_212641006_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (451kB)
[img] Teks
T_ES_212641006_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (438kB)
[img] Teks
T_ES_212641006_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (994kB)
[img] Teks
T_ES_212641006_BAB V.pdf

Download (93kB)
[img] Teks
T_ES_212641006_Daftar Pustaka.pdf

Download (382kB)

Abstrak

Loyalitas muzaki sangat penting untuk keberhasilan Baznas, mengingat hubungan yang kuat dengan pelanggan adalah hal yang memastikan kelangsungan hidup Baznas dari waktu ke waktu. Loyalitas muzaki adalah nilai yang relevan yang dapat memberikan wawasan tentang seberapa besar mereka menyukai barang atau jasa yang disediakan. Semakin puas pelanggan dengan pengalaman mereka, semakin loyal mereka terhadap suatu layanan. Loyalitas muzaki menggambarkan hubungan emosional yang berkelanjutan antara Baznas dan muzaki itu sendiri, memanifestasikan dirinya dengan seberapa besar keinginan muzaki untuk terlibat dan berulang kali menggunakan layanan dari Baznas dibandingkan dengan pesaing Baznas itu sendiri. Pada studi ini bertujuan untuk menguji dan mengeksplorasi pengaruh service quality terhadap beberapa konsekuensi penting seperti; loyalitas muzaki, kepuasan muzaki, dan kepercayaan muzaki. Selain itu, pada studi ini juga bertujuan untuk menganalisis dan mengeksplorasi pengaruh service quality terhadap loyalitas muzaki melalui kepuasan dan kepercayaan muzakki sebagai variabel intervening. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan menitik beratkan pada pengujian hipotesis. Sampel yang dipilih dalam penelitian ini adalah muzaki yang pernah menjadi donatur di BAZNAS provinsi Banten dengan tingkat sampel sebesar 101 muzaki. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada studi ini ialah teknik non-probability sampling. Jenis non-probability sampling yang digunakan adalah convenience sampling. Sampel yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan Multivariate Analysis Structural Equation Model Partial Least Square (SEM-PLS). PLS berguna karena dapat digunakan dengan skala data apa pun, tidak memerlukan asumsi dalam jumlah yang signifikan, dan ukuran sampel tidak perlu terlalu besar. PLS, selain dapat digunakan untuk konfirmasi teori, juga dapat digunakan untuk pengujian pernyataan, serta konstruksi hubungan dalam situasi di mana tidak ada landasan teori Hasil temuan studi ini mengungkapkan bahwa service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas muzaki, kepuasan muzaki, dan kepercayaan muzaki. Kemudian, pada studi ini juga ditemukan bahwa service quality berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas muzaki melalui kepuasan dan kepercayaan muzakki sebagai variabel intervening.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Magister)
Kata Kunci (keywords): Service quality, loyalitas muzaki, kepuasan muzaki, kepercayaan muzaki, Baznas
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi
Divisi: PASCASARJANA
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 25 Okt 2023 10:50
Perubahan Terakhir: 25 Okt 2023 10:50
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13576

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.