Layanan Konseling Rational Emotive Behavior Theraphy (REBT) Menggunakan Teknik Self Talk untuk Mengatasi Kecemasan Karir pada Usia Produktif (Studi Kasus di Komplek Bukit Pelamunan Permai, Kel. Pelamunan, Kec. Kramatwatu)

Husniyah, Qooriatul (2023) Layanan Konseling Rational Emotive Behavior Theraphy (REBT) Menggunakan Teknik Self Talk untuk Mengatasi Kecemasan Karir pada Usia Produktif (Studi Kasus di Komplek Bukit Pelamunan Permai, Kel. Pelamunan, Kec. Kramatwatu). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_191520099_COVER.pdf

Download (285kB)
[img] Teks
S_BKI_191520099_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Teks
S_BKI_191520099_BAB I.pdf

Download (310kB)
[img] Teks
S_BKI_191520099_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (185kB)
[img] Teks
S_BKI_191520099_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (174kB)
[img] Teks
S_BKI_191520099_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (369kB)
[img] Teks
S_BKI_191520099_BAB V.pdf

Download (46kB)
[img] Teks
S_BKI_191520099_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB)

Abstrak

Usia produktif merupakan usia dimana seseorang memulai menentukan karirnya. Kecemasan karir saat individu berada di usia produktif tentunya akan mempengaruhi karir di masa depannya. Konseling Rational Emotive Behavior Theraphy (REBT) Menggunakan Teknik Self Talk berperan sebagai upaya dalam membantu usia produktif untuk mengatasi kecemasan karir pada dirinya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan pelaksanaan konseling REBT menggunakan teknik self talk untuk mengatasi kecemasan karir pada usia produktif awal di Komplek Bukit Pelamunan Permai, Kelurahan Pelamunan, Kecamatan Kramatwatu? 2) Bagaimana hasil konseling REBT menggunakan teknik self talk untuk mengatasi kecemasan karir pada usia produktif di Komplek Bukit Pelamunan Permai, Kelurahan Pelamunan, Kecamatan Kramatwatu? Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui penerapan pelaksanaan konseling REBT menggunakan teknik self talk untuk mengatasi kecemasan karir pada usia produktif di Komplek Bukit Pelamunan Permai, Kelurahan Pelamunan, Kecamatan Kramatwatu. 2) Untuk mengetahui hasil konseling REBT menggunakan teknik self talk untuk mengatasi kecemasan karir pada usia produktif di Komplek Bukit Pelamunan Permai, Kelurahan Pelamunan, Kecamatan Kramatwatu. Metodologi penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian kualitatif. Objek penelitian ialah usia produktif yang berusia 21-24 tahun dengan jumlah klien sebanyak tiga orang yaitu AMD, MH dan SNN yang dipilih melalui proses asesmen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut: Pertama, penerapan konseling REBT menggunakan teknik self talk untuk mengatasi kecemasan karir pada usia produktif di Komplek Bukit Pelamunan Permai, Kelurahan Pelamunan, Kecamatan Kramatwatu yaitu AMD, MH dan SNN. Dilakukan melalui empat kali pertemuan konseling. Kedua, hasil pelaksanaan konseling terhadap klien AMD, MH dan SNN ialah mulai percaya diri terhadap kemampuan yang dimiliki, mulai tidak berprasangka negatif terhadap dirinya sendiri dan mulai yakin bahwa pekerjaannya saat ini dapat menjamin kehidupannya dimasa depan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Rational Emotive Behavior Theraphy (REBT), Self Talk, Kecemasan Karir, Usia Produktif
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 153 Mental proses & kecerdasan
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 17 Okt 2023 03:17
Perubahan Terakhir: 16 Apr 2024 02:21
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13499

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.