Penerapan Program Khusus Bina Diri pada Anak Berkebutuhan Khusus (Tunagrahita) (Di Yayasan Sekolah Khusus Sutmaemun Cikeusal)

Listianti, Elis (2023) Penerapan Program Khusus Bina Diri pada Anak Berkebutuhan Khusus (Tunagrahita) (Di Yayasan Sekolah Khusus Sutmaemun Cikeusal). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_161340041_Cover.pdf

Download (21kB)
[img] Teks
S_BKI_161340041_Lampiran Depan.pdf

Download (377kB)
[img] Teks
S_BKI_161340041_Bab I.pdf

Download (304kB)
[img] Teks
S_BKI_161340041_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (288kB)
[img] Teks
S_BKI_161340041_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (294kB)
[img] Teks
S_BKI_161340041_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (268kB)
[img] Teks
S_BKI_161340041_Bab V.pdf

Download (89kB)
[img] Teks
S_BKI_161340041_Daftar Pustaka.pdf

Download (79kB)

Abstrak

Kemampuan mengurus diri atau merawat diri sendiri (self help, self care) bukanlah kemampuan yang diturunkan dari orang tua, tetapi harus dipelajari terlebih dahulu. Setiap anak harus memiliki kemampuan merawat diri serta mandiri baik bagi anak normal maupun anak berkebutuhan khusus, dapat dilihat dalam kehidupan sehari-hari bahwa anak berkebutuhan khusus terutama anak tunagrahita cenderung menggantungkan diri kepada orang lain, oleh karena itu pentingnya pembelajaran bina diri bagi anak berkebutuhan khusus. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Penerapan Program Khusus Bina Diri Pada Anak Berkebutuhan Khusus di Yayasan Sekolah Khusus Sutmaemun Cikeusal? 2) Bagaimana Hasil Penerapan Program Khusus Bina Diri Pada Anak Berkebutuhan Khusus di Yayasan Sekolah Khusus Sutmaemun Cikeusal? Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Bagaimana Pelaksanaan Program Khusus Bina Diri Pada Anak Berkebutuhan Khusus di Yayasan Sekolah Khusus Sutmaemun Cikeusal. 2) Hasil Penerapan Program Khusus Bina Diri Pada Anak Berkebutuhan Khusus di Yayasan Sekolah Khusus Sutmaemun Cikeusal. Penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif. Adapun data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juli 2022 hingga September 2022, yang menjadi subyek dalam penelitian ini yaitu dua guru kelas sekaligus guru Pembina,dan yang menjadi responden yaitu tiga anak berkebutuhan khusus tunagrahita ringan dan sedang. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa 1) Penerapan Program Khusus Bina Diri dilakukan tiga hari berturut-turut, dilakukan secara individual karena anak memiliki masalah yang berbeda, pada anak kesatu dilakukan penerapan dan pembiasaan toilet training, anak kedua dilakukan dengan pemberian pemahaman dan pembiasaan tentang cara memakai pembalut, anak ketiga dilakukan upaya pembiasaan dan pemahaman tentang tata cara menggosok gigi. 2) hasil dari penerapan program khusus bina diri pada anak berkebutuhan khusus, dapat dilihat dari sebelum dan sesudah pelaksanaan. Anak kesatu sudah mampu buang air kecil ditoilet, tetapi anak tidak bisa melakukannya di toilet, hanya mampu dilantai toiletnya saja. Anak kedua sudah mampu memakai pembalut dengan tahapan yang baik dan benar. Anak ketiga sudah mampu menggosok gigi tetapi hanya bagian gigi depannya saja.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Program Khusus Bina Diri, Anak Berkebutuhan Khusus (Tunagrahita)
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 17 Okt 2023 03:00
Perubahan Terakhir: 04 Apr 2024 03:49
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13497

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.