Efektivitas Penggunaan Media Film Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Materi Dakwah Periode Makkah (Studi di MA Darul Falah Kota Serang)

Fauzi, Imam Eka (2023) Efektivitas Penggunaan Media Film Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Materi Dakwah Periode Makkah (Studi di MA Darul Falah Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PAI_161210002_Cover.pdf

Download (103kB)
[img] Teks
S_PAI_161210002_Lampiran Depan.pdf

Download (696kB)
[img] Teks
S_PAI_161210002_BAB I.pdf

Download (453kB)
[img] Teks
S_PAI_161210002_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (436kB)
[img] Teks
S_PAI_161210002_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (477kB)
[img] Teks
S_PAI_161210002_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (696kB)
[img] Teks
S_PAI_161210002_BAB V.pdf

Download (174kB)
[img] Teks
S_PAI_161210002_Daftar Pustaka.pdf

Download (166kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan : 1). Untuk mengetahui kondisi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam setelah menggunakan media film. 2). Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi Dakwah Periode Makkah dan 3). Untuk mengetahui efektivitas penggunaan media film pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi Dakwah Periode Makkah. Penelitian ini dilakukan di MA Darul Falah Kota Serang. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tulis objektif.. Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode Pre Eksperimen dengan desain penelitian One Group Pre-test Post-test Design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas X di MA Darul Falah Kota Serang dengan sampel 14 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah menentukan rata-rata, menghitung simpangan baku, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis t-berpasangan, dan uji N-Gain score. Nilai rata-rata pre-test siswa sebelum diterapkannya media film adalah 55,71 yang menunjukkan kemampuan awal siswa. Kemudian setelah diberikan treatment menggunakan media film, nilai rata-rata post-test siswa adalah 85,47. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa berdasarkan hasil uji N-Gain Score diperoleh hasil sebesar 0,6 yang berrarti bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dalam kategori sedang. Hal ini menunjukan bahwa media film efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi dakwah periode Makkah.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Media Film, Hasil Belajar
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 16 Okt 2023 02:18
Perubahan Terakhir: 16 Okt 2023 02:18
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13473

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.