Fauzi, Imam Eka (2023) Efektivitas Penggunaan Media Film Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Materi Dakwah Periode Makkah (Studi di MA Darul Falah Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_161210002_Cover.pdf Download (103kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_161210002_Lampiran Depan.pdf Download (696kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_161210002_BAB I.pdf Download (453kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_161210002_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (436kB) |
||
Teks
S_PAI_161210002_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (477kB) |
||
Teks
S_PAI_161210002_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (696kB) |
||
|
Teks
S_PAI_161210002_BAB V.pdf Download (174kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_161210002_Daftar Pustaka.pdf Download (166kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan : 1). Untuk mengetahui kondisi pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam setelah menggunakan media film. 2). Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi Dakwah Periode Makkah dan 3). Untuk mengetahui efektivitas penggunaan media film pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi Dakwah Periode Makkah. Penelitian ini dilakukan di MA Darul Falah Kota Serang. Pengumpulan data dilakukan dengan tes tulis objektif.. Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode Pre Eksperimen dengan desain penelitian One Group Pre-test Post-test Design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas X di MA Darul Falah Kota Serang dengan sampel 14 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah menentukan rata-rata, menghitung simpangan baku, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis t-berpasangan, dan uji N-Gain score. Nilai rata-rata pre-test siswa sebelum diterapkannya media film adalah 55,71 yang menunjukkan kemampuan awal siswa. Kemudian setelah diberikan treatment menggunakan media film, nilai rata-rata post-test siswa adalah 85,47. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa berdasarkan hasil uji N-Gain Score diperoleh hasil sebesar 0,6 yang berrarti bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dalam kategori sedang. Hal ini menunjukan bahwa media film efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam materi dakwah periode Makkah.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Media Film, Hasil Belajar |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 16 Okt 2023 02:18 |
Perubahan Terakhir: | 16 Okt 2023 02:18 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13473 |
Actions (login required)
Lihat Item |