Penerapan Layanan Konseling Individual Menggunakan Pendekatan Behavioral dalam Mengatasi Perilaku Agresif pada Masa Remaja (Studi di Kampung Lapang Baru, Kecamatan Kragilan, Kabupaten Serang, Banten)

Puspita, Lingga (2023) Penerapan Layanan Konseling Individual Menggunakan Pendekatan Behavioral dalam Mengatasi Perilaku Agresif pada Masa Remaja (Studi di Kampung Lapang Baru, Kecamatan Kragilan, Kabupaten Serang, Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_191520144_Cover.pdf

Download (199kB)
[img] Teks
S_BKI_191520144_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_BKI_191520144_BAB I.pdf

Download (479kB)
[img] Teks
S_BKI_191520144_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (588kB)
[img] Teks
S_BKI_191520144_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (787kB)
[img] Teks
S_BKI_191520144_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (414kB)
[img] Teks
S_BKI_191520144_BAB V.pdf

Download (188kB)
[img] Teks
S_BKI_191520144_Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstrak

Permasalahan yang terjadi di Kampung Lapang Baru, Kecamatan Kragilan, Kabupaten Serang, Banten ditemukannya perilaku agresif yang dilakukan oleh beberapa remaja. Perilaku agresif dapat terjadi kepada siapa saja, termasuk pada masa remaja awal. Faktor penyebab melakukan perilaku agresif disebabkan karena emosi dan perasaan marah yang tidak terkontrol atau tidak dapat dikendalikan karena perkataan atau perbuatan orang lain kepada dirinya sehingga memicu untuk melakaukan tindakan-tindakan yang menyakti orang lain secara perkataan ataupun secara fisik. Bentuk-bentuk perilaku agresif terbagi menjadi dua yaitu agresif verbal (ucapan) dan non verbal (fisik). Tujuan dari penelitian ini yaitu sebagai berikut: 1) untuk mengetahui bentuk perilaku agresif pada remaja di Kampung Lapang Baru sebelum mendapatkan layanan konseling individual menggunakan pendekatan behavioral, 2) untuk mengetahui bagaimana penerapan layanan konseling individual menggunakan pendekatan behavioral dalam mengatasi perilaku agresif pada remaja, 3) untuk mengetahui hasil layanan konseling individual menggunakan pendekatan behavioral dalam mengatasi perilaku agresif pada remaja. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian action research (penelitian tindakan) yang digunakan untuk mendapatkan gambaran dan permasalahan dengan menggunakan eksplorasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dokumentasi dan analisis data. Penelitian ini dilaksanakan pada januari 2023 hingga juni tahun 2023. Dengan responden yaitu remaja awal yang mengalami perilaku agresif di Kampung Lapang Baru, Kecamatan Kragilan, Kabupaten Serang. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan: 1) Bentuk perilaku agresif terbagi menjadi 2 yakni agresif verbal dan agresif non verbal (fisik), 2) pemberian layanan untuk mengatasi perilaku agresif pada remaja awal, 3) pelaksanaan konseling individu dengan menggunakan pendekatan behavioral dapat mengurangi perilaku agresif yang dialami oleh remaja. Hasil penerapan layanan konseling individu menggunakan pendekatan behavioral dalam mengatasi perilaku agresif remaja memberikan suatu hal yang positif terhadap remaja dalam perubahan tingkah laku yang dialaminya. Dari setiap responden merasakan adanya perubahan dirinya ke arah yang lebih baik. Terbukti dari hasil sebelum melakukan layanan dan sesudah melakukan layanan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Konseling individual, Behavioral, Perilaku agresif, Remaja
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 158 Terapan Psikologi
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 12 Okt 2023 02:56
Perubahan Terakhir: 04 Apr 2024 04:22
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13442

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.