Penerapan Terapi Zikir dalam Membangun Self Control Anak Punk di Kota Serang

Aprilia, Aprilia (2023) Penerapan Terapi Zikir dalam Membangun Self Control Anak Punk di Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_191520037_Cover.pdf

Download (114kB)
[img] Teks
S_BKI_191520037_Lampiran Depan.pdf

Download (549kB)
[img] Teks
S_BKI_191520037_BAB I.pdf

Download (299kB)
[img] Teks
S_BKI_191520037_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (396kB)
[img] Teks
S_BKI_191520037_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (271kB)
[img] Teks
S_BKI_191520037_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (426kB)
[img] Teks
S_BKI_191520037_BAB V.pdf

Download (206kB)
[img] Teks
S_BKI_191520037_Daftar Pustaka.pdf

Download (236kB)

Abstrak

Self Control atau pengendalian diri merupakan bagian penting dalam hidup untuk menciptakan pribadi yang baik atau positif, tidak terkecuali bagi anak-anak punk. Anak-anak punk yang merupakan bagian kelompok masyarakat yang memiliki karakteristik cukup berbeda dengan masyarakat lainnya, baik itu berdasarkan gaya hidup, cara pandang dan lain sebagainya sehingga hal-hal tersebut dengan sendirinya menjadi identitas kelompok ini. Identitas atau karakteristik yang ditonjolkan oleh anak punk tidak sedikit direspon negatif oleh sebagian masyarakan, dalam artian mereka senantiasa memandang negatif kelompok ini, tidak terkecuali anak-anak punk Kota Serang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; pertama, bagaimana kondisi self control anak punk di Kota Serang, kedua. Bagaimana proses penerapan terapi zikir dalam membangun self control pada anak punk di Kota Serang dan juga mengetahui; ketiga, Bagaimana hasil penerapan terapi zikir dalam membangun self control anak punk di Kota Serang. Dengan adanya ketiga rumusan masalah tersebut maka tujuan dari adanya penelitian ini ialah untuk mengehaui bagaimana self control anak-anak punk Kota Serang dan juga bagaimana proses penerapan terapi zikir dan pengaruhnya atau hasil penerapan terapi zikir terhadap self control anak-anak punk Kota Serang. Adapun metode penelitian dan penguraian data yang dilakukan oleh peneliti dalam penelitian ini ialah metode deskriptif analisis dengan pendekatan lapangan. Selain itu penelitian yang dilakukan peneliti merupakan jenis penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis untuk menggali dan mengumpulkan data dalam penelitian ini antara lain ialah observasi, interview dan dokumen. Sedangkan teknik analisis yang dilakukan penulis meliputi penyaringan data atau reduksi data dan selanjutnya penyajian dan diakhiri penarikan kesimpulan. Dari serangkaian proses penelitian tersebut maka dapat diketahui bahwasannya anak-anak punk kota serang memiliki self control yang baik walau belum dapat dikatakan sempurna. Selanjutnya, anak-anak punk kota Serang memiliki beragam cara penerapan zikir dalam membangun self control mereka. Adapun dampak yang dihasilkan dari proses zikir dalam membangun self control anak-Anak punk Kota Serang antara lain ialah menjadikan hati mereka tenang, dapat meredam dan menurunkan perasaan emosi, selain itu dengana adanya proses terapi zikir menjadikan para responden lebih dekat dan mengingat tuhannya (Allah).

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Anak punk, Self Control, Terapi zikir
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 158 Terapan Psikologi
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 11 Okt 2023 07:36
Perubahan Terakhir: 16 Apr 2024 02:10
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13437

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.