Chairani, Dwi Rahma (2023) Strategi Komunikasi dalam Mengoptimalkan Pelayanan terhadap Kantor Urusan Agama Kabupaten Tangerang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
Teks
S_KPI_191510090_Cover.pdf Download (41kB) |
|
Teks
S_KPI_191510090_Lampiran Depan.pdf Download (347kB) |
|
Teks
S_KPI_191510090_BAB I.pdf Download (41kB) |
|
Teks
S_KPI_191510090_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (332kB) |
|
Teks
S_KPI_191510090_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (98kB) |
|
Teks
S_KPI_191510090_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (325kB) |
|
Teks
S_KPI_191510090_BAB V.pdf Download (90kB) |
|
Teks
S_KPI_191510090_Daftar Pustaka.pdf Download (133kB) |
Abstrak
Pelayanan masyarakat merupakan bagian dari pencapaian tujuan pemerintah yang menuntut tercapainya negara yang mandiri dan sejahtera. Kemajuan pelayanan publik tidak hanya berupa pengelolaan administrasi, tetapi pelayanan dasar seperti kesehatan, pendidikan, lingkungan dan ekonomi mikro merupakan bagian dari pelayanan publik yang penting dalam penyelenggaraan pelayanan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian dimana dengan menggunakan metode berupa penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kalimat-kalimat penjabaran dan karakter visual. Sedangkan model penelitian menggunakan studi kasus. Berdasarkan hasil penelitian pada Kantor Urusan Agama Kecamatan Kresek Kabupaten Tangerang, dapat dijelaskan beberapa strategi komunikasi pada pelayanan keagamaan terhadap masyarakat berdasarkan enam tahapan prinsip dasar sebagaimana fungsi teori perencanaan strategi komunikasi menurut John Middleton.Secara menyeluruh kegiatan program kerja yang direncanakan oleh Kantor Urusan Agama Kecamatan Kresek sudah terealisasi, akan tetapi ada beberapa faktor pendukung dan penghambat dari terealisasinya program kerja tesebut. Berdasarkan uraian dan pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan pelayanan di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kresek menerapkan manajemen strategi komunikasi yang baik yaitu dengan adanya pelakasanaan alur pelayanan bagi masyarakat. Pelayanan tersebut dijalankan dengan menerapkan kaidah prinsip dasar perencanaan strategi komunikasi yaitu Analisis Audience dan kebutuhan, Penetapan Sasaran Komunikasi, Menentukan Saluran, Pesan dan Penerima, Penetapan Management Obyektif, Implementasi Perencanaan yang melingkupi Sumberdaya dan waktu serta Evaluasi yang meliputi Evaluasi Formatif dan Evaluasi Summative. Penerapan fungsi tersebut mewujudkan peningkatan pelayanan masyarakat di Kantor Urusan Agama Kecamatan Kresek Kabupaten Tangerang.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Pelayanan, Strategi Komunikasi, Kantor Urusan Agama |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 380 Commerce, komunikasi & transportasi |
Divisi: | Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 04 Okt 2023 06:49 |
Perubahan Terakhir: | 28 Mar 2024 07:03 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13388 |
Actions (login required)
Lihat Item |