Nurcahyati, Nurcahyati (2023) Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Visual Tipe Strip Story Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an (Studi Eksperimen di SMP Islam An-Nida Carenang- Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_152102054_Cover.pdf Download (72kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_152102054_Lampiran Depan.pdf Download (763kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_152102054_BAB I.pdf Download (257kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_152102054_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (482kB) |
||
Teks
S_PAI_152102054_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (419kB) |
||
Teks
S_PAI_152102054_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (633kB) |
||
|
Teks
S_PAI_152102054_BAB V.pdf Download (161kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_152102054_Daftar Pustaka.pdf Download (222kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Al-Qur‟an adalah pedoman dan tuntunan hidup umat manusia baik sebagai individu maupun sebagai umat Islam. Al-Qur„an adalah kalam Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril, diriwayatkan kepada kita dengan mutawatir, membacanya mempunyai nilai ibadah, dan tidak akan ditolak kebenarannya. Dalam membaca Al-Qur„an tidak hanya sebatas membaca tetapi memiliki ketentuan-ketentuan yang sudah ditentukan dalam ilmu tajwid, namun dengan demikian, masih banyak anak-anak yang kurang memahami ilmu tajwid oleh karena itu, perlu adanya alat bantu seperti penerapan media pembelajaran. Media pembelajaran visual tipe strip story diharapkan bisa membantu pencapaian tujuan dalam membaca Al-Qur„an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa di SMP Islam An-Nida, dengan penerapan media pembelajaran visual tipe Strip Story. dengan rumusan masalah dalam penelitian ini adakah pengaruh penerapan media pembelajaran visual tipe strip story terhadap kemampuan membaca Al-Qur‟an. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, pengumpulan data diperoleh melalui observasi, angket dan tes. Sedangkan untuk pendekatan penelitian menggunakan penekatan kuantitatif. Dilihat dari hasil penelitian pengujian hipotesis dari dengan menggunakan uji t pada kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai t hitung (1,68) > t tabel (0,273), maka Ho ditolak sedangkan Ha diterima. Dengan demikian bahwa dapat diartikan setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan media pembelajaran visual tipe strip story kemampuan membaca Al-Qur‟an siswa menjadi lebih baik.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Media Pembelajaran, Media Strip Story, Al-Qur’an |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 02 Okt 2023 04:42 |
Perubahan Terakhir: | 02 Okt 2023 04:42 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13347 |
Actions (login required)
Lihat Item |