Implementasi Model Pembelajaran Circuit Learning Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih. (Studi di MA Negeri 2 Kabupaten Serang)

Saepudin, Ahmad Aang (2023) Implementasi Model Pembelajaran Circuit Learning Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih. (Studi di MA Negeri 2 Kabupaten Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PAI_152101965_Cover.pdf

Download (4MB)
[img] Teks
S_PAI_152101965_Lampiran Depan.pdf

Download (959kB)
[img] Teks
S_PAI_152101965_BAB I.pdf

Download (304kB)
[img] Teks
S_PAI_152101965_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (423kB)
[img] Teks
S_PAI_152101965_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (407kB)
[img] Teks
S_PAI_152101965_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (798kB)
[img] Teks
S_PAI_152101965_BAB V.pdf

Download (92kB)
[img] Teks
S_PAI_152101965_Daftar Pustaka.pdf

Download (222kB)

Abstrak

Skripsi yang membahas tentang pengaruh penerapan model pembelajaran Circuit Learning terhadap kreativitas belajar ini dilatar belakangi oleh keresahan peneliti mengenai kurangnya kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih , di mana pelajaran Fiqih adalah pelajaran yang sangat mendasar bagi kalangan muslim yang harus dipahami, menurut hemat penulis hal ini terjadi dikarenakan model pembelajaran yang digunakan pendidik belum tepat, oleh karenanya penulis mencoba meneliti tentang Pengaruh Model Pembelajaran Circuit Learning terhadap kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih. Masalah yang diteliti dalam skripsi ini ialah bagaimana penggunaan model pembelajaran di MA Negeri 2 Kab. Serang, bagaimana kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih, bagaimana pengaruh model pembelajaran Circuit Learning terhadap kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MA Negeri 2 Kab. Serang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran Circuit Learning terhadap kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di kelas XI MA Negeri 2 Kab. Serang. Dan dapat memberikan manfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan terutama dalam bidang pendidikan Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Experimental Design, desain yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. dengan populasi target seluruh kelas XI MA Negeri 2 Kab. Serang dan sampel yang digunakan ialah kelas XI MIA dan kelas XI IIS. Model pembelajaran Circuit Learning berpengaruh besar terhadap kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih, hal ini dapat dibuktikan dengan besarnya perbedaan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol setelah perlakuan, dengan hasil belajar rata-rata kelas eksperimen 68,76 sedangkan kelas kontrol 58,75, dan setelah dilakukan pengujian hipotesis menghasilkan data thitung > ttabel atau 1,93 > 1,706. Simpulannya Karena thitung berada di daerah penerimaan Ha maka Ha dapat diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran Circuit Learning terhadap kreativitas belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Model Pembelajaran Circuit Learning, Kreativitas Belajar pada Mata Pelajaran Fiqih
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 02 Okt 2023 04:17
Perubahan Terakhir: 02 Okt 2023 04:17
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13346

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.