Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Menggunakan Aplikasi Animaker untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SD/MI

Ayuningsih, Denisa (2023) Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Menggunakan Aplikasi Animaker untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SD/MI. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240075_Cover.pdf

Download (26kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240075_Lampiran Depan.pdf

Download (564kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240075_Lampiran Depan.pdf

Download (564kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240075_BAB I.pdf

Download (260kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_191240075_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (923kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240075_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (383kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240075_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (581kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240075_BAB V.pdf

Download (93kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240075_Daftar Pustaka.pdf

Download (20kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui prosedur pengembangan, kelayakan dan keefektifan video pembelajaran matematika menggunakan aplikasi animaker untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa SD/MI. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE melalui 5 tahapan yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, angket, hasil tes dan dokumentasi. Taknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji kelayakan ahli media memperoleh presentase 95,55% dan hasil uji kelayakan ahli materi memperoleh 93,33% dan 95,55% termasuk ke dalam kriteria sangat layak. Sedangkan hasil uji keefektifan menggunakan hasil tes prestest dan posttest pada uji lapangan di kelas eksperimen memperoleh presentase 0,70 ≤ (g) ≤1,00 adalah 0,88 termasuk ke dalam kriteria tinggi dan pada kelas kontrol memperoleh presentase 0,30 ≤ (g) < 0,70 adalah 0,59 termasuk ke dalam kriteria sedang . Berdasarkan hasil kelayakan dan hasil keefektifan maka video pembelajaran matematika menggunakan aplikasi animaker untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa SD/MI layak dan efektif digunakan dalam membantu pemahaman siswa, menarik perhatian serta melatih keterampilan berpikir siswa dalam pembelajaran matematika di SD Negeri Petir 1

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Video pembelajaran matematika, Aplikasi Animaker, Keterampilan berpikir kritis
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 02 Okt 2023 03:05
Perubahan Terakhir: 02 Okt 2023 03:38
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13342

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.