Yuliyanti, Desi (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Menggunakan Pendekatan Matematika Nalaria Realistik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Operasi Hitung Perkalian Dan Pembagian Pecahan di Kelas IV SDIT Al-Fath Kabupaten Tangerang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_161240008_Cover.pdf Download (293kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_161240008_Lampiran Depan.pdf Download (708kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_161240008_BAB I.pdf Download (203kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_161240008_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (505kB) |
||
Teks
S_PGMI_161240008_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (604kB) |
||
Teks
S_PGMI_161240008_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (512kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_161240008_BAB V.pdf Download (190kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_161240008_Daftar Pustaka.pdf Download (333kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan prosedur pengembangan bahan ajar LKPD berbasis MNR materi operasi hitung Perkalian dan Pembagian pecahan kelas IV di SDIT Al-Fath Kabupaten Tangerang dan menghasilkan produk bahan ajar LKPD berbasis MNR. Penelitian ini dilaksanakan di SDIT Al-Fath Kabupaten Tangerang tahun ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D), yang merujuk model 4-D menurut Thiagarajan dengan penyesuaian sesuai konteks penelitian pada 4 tahap: Define, Design, Develop, dan Desiminate. Data diperoleh melalui wawancara, angket, dan dokumentasi. Validasi produk dilakukan oleh ahli materi, ahli media, guru, dan uji coba terbatas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pada hasil validasi tiap-tiap validator yaitu ahli materi, memperoleh nilai rata-rata skor 4,1 yang artinya sudah mencapai kriteria minimal pengujian validitas. Pada ahli media, memperoleh nilai rata-rata skor 4,6 yang artinya sudah mencapai kriteria minimal, dan penilain guru memperoleh nilai rata-rata skor 4,6 yang artinya sudah mencapai kriteria minimal. Sedangkan nilai rekapitulasi keseluruhan aspek dari ketiga validator memperoleh nilai rata-rata skor 4,4 dengan kategori layak atau sudah mencapai minimal pengujian validitas. Dengan demikian bahan ajar LKPD berbasis MNR bisa dikatakan layak dan efektif untuk digunakan.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Pendekatan Matematika Nalaria Realistik (MNR) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Operasi Hitung Perkalian Dan Pembagian Pecahan |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 29 Sep 2023 08:42 |
Perubahan Terakhir: | 29 Sep 2023 08:42 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13341 |
Actions (login required)
Lihat Item |