Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Menggunakan Pendekatan Matematika Nalaria Realistik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Operasi Hitung Perkalian Dan Pembagian Pecahan di Kelas IV SDIT Al-Fath Kabupaten Tangerang

Yuliyanti, Desi (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Menggunakan Pendekatan Matematika Nalaria Realistik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Operasi Hitung Perkalian Dan Pembagian Pecahan di Kelas IV SDIT Al-Fath Kabupaten Tangerang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_161240008_Cover.pdf

Download (293kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_161240008_Lampiran Depan.pdf

Download (708kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_161240008_BAB I.pdf

Download (203kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_161240008_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (505kB)
[img] Teks
S_PGMI_161240008_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (604kB)
[img] Teks
S_PGMI_161240008_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (512kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_161240008_BAB V.pdf

Download (190kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_161240008_Daftar Pustaka.pdf

Download (333kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan prosedur pengembangan bahan ajar LKPD berbasis MNR materi operasi hitung Perkalian dan Pembagian pecahan kelas IV di SDIT Al-Fath Kabupaten Tangerang dan menghasilkan produk bahan ajar LKPD berbasis MNR. Penelitian ini dilaksanakan di SDIT Al-Fath Kabupaten Tangerang tahun ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D), yang merujuk model 4-D menurut Thiagarajan dengan penyesuaian sesuai konteks penelitian pada 4 tahap: Define, Design, Develop, dan Desiminate. Data diperoleh melalui wawancara, angket, dan dokumentasi. Validasi produk dilakukan oleh ahli materi, ahli media, guru, dan uji coba terbatas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pada hasil validasi tiap-tiap validator yaitu ahli materi, memperoleh nilai rata-rata skor 4,1 yang artinya sudah mencapai kriteria minimal pengujian validitas. Pada ahli media, memperoleh nilai rata-rata skor 4,6 yang artinya sudah mencapai kriteria minimal, dan penilain guru memperoleh nilai rata-rata skor 4,6 yang artinya sudah mencapai kriteria minimal. Sedangkan nilai rekapitulasi keseluruhan aspek dari ketiga validator memperoleh nilai rata-rata skor 4,4 dengan kategori layak atau sudah mencapai minimal pengujian validitas. Dengan demikian bahan ajar LKPD berbasis MNR bisa dikatakan layak dan efektif untuk digunakan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pendekatan Matematika Nalaria Realistik (MNR) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Operasi Hitung Perkalian Dan Pembagian Pecahan
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 29 Sep 2023 08:42
Perubahan Terakhir: 29 Sep 2023 08:42
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13341

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.