Strategi Guru Pendamping Khusus Dalam Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus di Pelayanan Inklusi (Studi Kasus di SD Perdaban Cilegon)

Ningrum, Siti Rahmawati (2023) Strategi Guru Pendamping Khusus Dalam Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus di Pelayanan Inklusi (Studi Kasus di SD Perdaban Cilegon). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240080_Cover.pdf

Download (99kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240080_Lampiran Depan.pdf

Download (613kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240080_BAB I.pdf

Download (233kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_191240080_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (340kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240080_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (370kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240080_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (274kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240080_BAB V.pdf

Download (89kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240080_Daftar Pustaka.pdf

Download (168kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi guru pendamping khusus dalam pembelajaran anak berkebutuhan khusus di pelayanan inklusi di sd peradaban cilegon. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Populasi penelitian ini adalah startegi guru pendamping khusus. Infroman penelitian adalah kepala sekolah, koordinator guru pendamping khusus, guru pendamping khusus. Insrtumen penelitian peneliti, pedoman wawancara dan pedoman observasi. Analisis data meliputi reduksi dan penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian Kendala yang dihadapi guru pendamping khusus dalam proses pembelajaran anak berkebutuhan khusus (ABK) ; pertama, kurangnya sarana dan prasana yang mendukung untuk menunjang kegiatan anak berkebutuhan khusus, kedua, kurang nya guru pendamping khusus (GPK) untuk menangani anak berkebutuhan khusus, ketiga, anak berkebutuhan khusus sulit diajak kerja sama untuk kegiatan proses pembelajaran Anak berkebutuhan khusus mudah bosan dalam pembelajaran; pertama, metode pembelajaran yang kurang sesuai dengan jenis ketunaan anak berkebutuhan khusus (ABK), kedua, target pencapaian guru yang teralalu tinggi sehingga anak cepat merasa jenuh untuk belajar, ketiga, orang tua harus bisa menjaga mood baik anak nya sehingga datang ke sekolah anak merasa semangat untuk mengikuti proses pembelajaran. Perencanaan dan Pelaksanaan Startegi Guru Pendamping Khusus Dalam Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus di Pelayanan Inklusi; perencanaan: melakukan identifikasi, Asesment, planning matrik, membuat program pembelajaran individual (PPI), membuat RPP, modul latihan, bahan ajar. Pelaksanaan : berjalan setiap hari mengikuti pembelajaran sehari-hari, menggunakan metode tanya jawab, ceramah, metode bermain, dan tidak lupa dengan alat media pembelajarannya, mengikuti renacana pelaksanaan pembelajarannya yang sudah dimodifikasi. Sumber belajar seperti buku paket, modul harian, gambar tentang angka, buku bacaan, foto-foto benda tiruan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Strategi guru pendamping khusus, anak berkebutuhan khusus, pelayanan inklusi
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 29 Sep 2023 03:06
Perubahan Terakhir: 29 Sep 2023 03:06
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13335

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.