Pengaruh model pembelajaran Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Fiqih (Studi Di MTSN 3 Kota Cilegon)

Arifin, Zainal (2023) Pengaruh model pembelajaran Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Fiqih (Studi Di MTSN 3 Kota Cilegon). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PAI_132101718_Cover.pdf

Download (22kB)
[img] Teks
S_PAI_132101718_Lampiran Depan.pdf

Download (824kB)
[img] Teks
S_PAI_132101718_BAB I.pdf

Download (341kB)
[img] Teks
S_PAI_132101718_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (446kB)
[img] Teks
S_PAI_132101718_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (693kB)
[img] Teks
S_PAI_132101718_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (627kB)
[img] Teks
S_PAI_132101718_BAB V.pdf

Download (418kB)
[img] Teks
S_PAI_132101718_Daftar Pustaka.pdf

Download (296kB)

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan model cooperative script dalam pembelajaran fiqih di MTSN 3 Kota Cilegon dan Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model cooperative script dalam meningkatkan hasil belajar siswa di MtsN 3 Kota Cilegon. Latar belakang penelitian ini adalah pemahaman siswa di MTSN 3 Kota Cilegon dalam belajar di dalam kelas dengan mendengarkan ceramah dari gurunya umumnya sudah cukup baik, akan tetapi masih ada beberapa siswa yang dalam proses belajar tidak mendengarkan gurunya dengan baik. Diantaranya ada siswa yang bercanda satu dengan lainnya, beberapa siswa tidak berani mengemukakan pendapatnya, serta beberapa siswa juga merasa bosan dan jenuh. Subjek dalam penelitian ini yaitu memilih guru Pendidikan Agama Islam. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu eksperimen semu ini adalah teknik tes. Tes adalah sejumlah pertanyaan yang diajukan oleh evaluator secara lisan atau tertulis yang harus dijawab oleh peserta tes baik dalam bentuk lisan atau tulisan pula. Dalam penelitian ini, teknik tes digunakan untuk mendapatkan data yang bersifat kuantitatif yaitu hasil belajar siswa pada mata pelajaran fiqih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas eksperimen yang mendapatkan nilai rata-rata pre-test 43,3 % yang menunjukkan kemampuan awal siswa. Kemudian setelah diberi perlakuan pembelajaran dengan model Cooperative Script nilai rata-rata post-test menjadi 68,76%. Terdapat selisih sebanyak 25,46% siswa yang diberi perlakuan menggunakan model Cooperative Script. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model Cooperative Script pada siswa MTSN 3 Kota Cilegon.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Cooperative Script, Hasil Belajar
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 29 Sep 2023 02:26
Perubahan Terakhir: 29 Sep 2023 02:26
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13332

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.