Penerapan Teknik Assertive Training Terhadap Penyesuaian Sosial Remaja Introvert (Studi di Kp. Temugiring Kel. Banjar Negara Kec. Ciwandan Kota Cilegon-Banten)

Aini, Dini Qurrotul (2023) Penerapan Teknik Assertive Training Terhadap Penyesuaian Sosial Remaja Introvert (Studi di Kp. Temugiring Kel. Banjar Negara Kec. Ciwandan Kota Cilegon-Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_191520150_Cover.pdf

Download (19kB)
[img] Teks
S_BKI_191520150_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_BKI_191520150_BAB I.pdf

Download (485kB)
[img] Teks
S_BKI_191520150_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (317kB)
[img] Teks
S_BKI_191520150_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (135kB)
[img] Teks
S_BKI_191520150_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (497kB)
[img] Teks
S_BKI_191520150_BAB V.pdf

Download (12kB)
[img] Teks
S_BKI_191520150_Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstrak

Masalah remaja tidak terlepas dari hubungannya dengan orang lain, termasuk keluarga, teman, tetangga atau masyarakat. Pembentukan kepribadian seorang remaja yang penuh dengan keterbatasan pergaulan dan konsep berpikir terhadap harga diri yang rendah akan membuat remaja memiliki perilaku negatif dari komunikasinya dengan orang lain. Akibatnya remaja tidak mempunyai keberanian atau remaja tersebut akan bersikap menutup diri (introvert) yang menimbulkan masalah penyesuaian sosial remaja terhadap lingkungan sekitar. Dari latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Bagaimana gambaran umum penyesuaian sosial remaja introvert ?, 2) Bagaimana penerapan teknik assertive training terhadap penyesuaian sosial remaja introvert ? 3) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan teknik assertive training terhadap penyesuaian sosial remaja introvert ?. Sesuai dengan rumusan masalah, maka tujuan penelitian sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui bagaimana gambaran umum penyesuaian sosial remaja introvert. 2) Untuk mengetahui bagaimana penerapan konseling dengan teknik assertive training terhadap penyesuaian sosial remaja introvert. 3) Untuk mengetahui bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan teknik assertive training terhadap penyesuaian sosial pada remaja introvert. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, digunakan untuk mendapatkan gambaran-gambaran dari permasalahan dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Penelitian dilaksanakan pada 25 Maret-14 Mei 2023 dengan jumlah responden lima remaja tengah yakni AJ, NF, MD, VA, dan SN. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan: 1) kondisi penyesuaian sosial yang dialami oleh remaja introvert di lingkungan Kampung Temugiring yaitu pemalu, pendiam, tertutup, kurang berinteraksi sosial, enggan menerima ajakan teman, tidak mampu mengekspresikan diri dalam berkomunikasi dan tidak percaya diri. 2) Penerapan teknik assertive training terhadap penyesuaian sosial remaja introvert dilakukan dengan konseling behavioral melalui empat tahapan yaitu assesment, goal setting, tehnique implementation dan evaluation/termination. Metode yang digunakan dalam penerapan teknik assertive training ini adalah metode Modelling, Role Playing dan Home Work. 3) Faktor pendukung dalam penelitian ini yaitu hubungan baik antara konselor dan remaja serta respon positif dari remaja yang tidak memiliki masalah penyesuaian sosial. Dan faktor penghambat dalam penelitian ini yaitu kepribadian remaja yang tertutup dan beberapa remaja yang mengalami masalah masih kurang terbuka.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): konseling, teknik assertive training, penyesuaian sosial, remaja introvert
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 158 Terapan Psikologi
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 27 Sep 2023 03:02
Perubahan Terakhir: 16 Apr 2024 01:57
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13324

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.