Layanan Konseling Individual untuk Mengatasi Kecemasan Kerja Guru Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Al-Hikmah Cilegon

Nufus, Umi Nihlatin (2023) Layanan Konseling Individual untuk Mengatasi Kecemasan Kerja Guru Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Al-Hikmah Cilegon. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_BKI_161340054_COVER UMI.pdf

Download (41kB)
[img] Teks
S_BKI_161340054_BAGIAN DEPAN.pdf

Download (711kB)
[img] Teks
S_BKI_161340054_BAB I UMI.pdf

Download (308kB)
[img] Teks
S_BKI_161340054_BAB II UMI.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (346kB)
[img] Teks
S_BKI_161340054_BAB III UMI.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (204kB)
[img] Teks
S_BKI_161340054_BAB IV UMI.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (441kB)
[img] Teks
S_BKI_161340054_BAB V UMI.pdf

Download (87kB)
[img] Teks
S_BKI_161340054_DAFTAR PUSTAKA UMI.pdf

Download (224kB)
[img] Teks
S_BKI_161340054_LAMPIRAN.pdf

Download (274kB)

Abstrak

Kesadaran atas kebebasan dan tanggung jawab bisa menimbulkan kecemasan yang menjadi atribut dasar pada manusia. Adanya layanan konseling individual dapat membantu seseorang untuk mencari solusi dan memecahkan masalah yang ada pada dirinya. Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi manusia karena tidak dapat dipisahkan dari kehidupan. Sebagai guru (pendidik) memiliki misi melakukan perubahan, perubahan itu dimaksud mempersiapkan peserta didiknya agar mampu mempersiapkan dirinya menjadi orang sukses. Faktor yang memicu kecemasan yang dihadapi guru secara umum yaitu, kurangnya persiapan (lacking of preparation), menjadi guru bukanlah sesuatu yang mudah dan sekedar apa adanya diharapan peserta didiknya. Guru sebelum mengajar ada banyak persiapan yang harus dilakukkan, salah satunya yaitu melakukan persiapan baik untuk memenuhi target pembelajaran, Karakter peserta didik yang beragam (Students’ Habits) karena keberagaman ini membuat guru pada mulanya kesulitan untuk menentukan model dan stategis pembelajran yang dilakukan, Kurang konsentrasi (Lack of Concentration) karena peserta didik cenderung suka kehilangan konsentrasi bisa karena psikologis, internal, maupun dari lingkungan. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Apa Faktor yang mempengaruhi kecemasan kerja guru TKIT Al-hikmah Cilegon? 2) Bagaimana layanan konseling individual dapat mengatasi kecemasan kerja guru TKIT Al-Hikmah Cilegon? 3) Bagaimana hasil layanan konseling individual mengatasi kecemasan kerja guru TKIT Al�Hikmah Cilegon?. Penelitian ini bertujuan, 1) Untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi kecemasan kerja guru TKIT Al-Hikmah Cilegon 2) Untuk menerapkan konseling individu dalam memberikan layanan kecemasan kerja terhadap guru TKIT Al-Hikmah Cilegon 3) Untuk mendeskripsikan hasil layanan konseling individual dalam mengatasi kecemasan kerja terhadap guru TKIT Al-Hikmah. Metode penelitian yang digunakan metode kualitatif. Subjek penelitian ini berjumlah 5 orang guru yang ada di TKIT Al-Hikmah Cilegon. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi,wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan : 1) Faktor yang mempengaruhi kecemasan kerja dari kelima responden guru TKIT Al-Hikmah Cilegon yaitu, Faktor eksternal yaitu, beragam karakteristik anak, masalah dengan rekan kerja dan penambahan jobdesk pekerjaan sedangkan faktor internal yaitu, masalah keluarga atau masalah pribadi seperti kurangnya ekonomi dan anak. 2) Peneliti memberikan layanan konseling individual melalui tahapan-tahapan, pertama assesmen, lalu identifikasi masalah dan responden mencari solusinya, kemudian pemberian motivasi dari peneliti, dan yang terakhir menanyakan bagaimana kondisi responden setelah layanan konseling individual. 3) Peneliti menggunakan layanan konseling individual agar responden mengatasi kecemasan dalam kerja, sehingga reponden mendapatkan masukan-masukan positif, merasakan ketenangan dalam menjalankan hidup dan berkerja, mampu mengambil keputusan yang tepat, mendapakan motivasi-motivasi, dan berkerja lebih profesional lagi.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing I : Dra. Eni Nur’aeni, M.SI. Pembimbing II : Hilda Rosida, S.S., M.Pd
Kata Kunci (keywords): Konseling Individual, kecemasan Kerja, Guru Tk
Subjek: 100 Filsafat & Psikologi > 150 Psikologi > 152 Persepsi, gerakan, emosi & drive
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 26 Sep 2023 06:34
Perubahan Terakhir: 04 Apr 2024 04:10
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13314

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.