Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII Pada Pelajaran Fikih Materi Shalat Jama dan Qashar di MTS Nur El-Falah Kubang Petir

Maulida, Ratna Siti (2023) Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII Pada Pelajaran Fikih Materi Shalat Jama dan Qashar di MTS Nur El-Falah Kubang Petir. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PAI_191210119_Cover.pdf

Download (225kB)
[img] Teks
S_PAI_191210119_Lampiran Depan.pdf

Download (927kB)
[img] Teks
S_PAI_191210119_BAB I.pdf

Download (529kB)
[img] Teks
S_PAI_191210119_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (464kB)
[img] Teks
S_PAI_191210119_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (605kB)
[img] Teks
S_PAI_191210119_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (444kB)
[img] Teks
S_PAI_191210119_BAB V.pdf

Download (194kB)
[img] Teks
S_PAI_191210119_Daftar Pustaka.pdf

Download (293kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana motivasi belajar siswa kelas VII sebelum penerapan pembelajaran berbasis multimedia Interaktif (2) Bagaimana motivasi belajar siswa kelas VII setelah penerapan pembelajaran berbasis multimedia interaktif (3) Apakah penerapan media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa siswa kelas VII pada pelajaran fikih materi shalat jama dan qashar. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen design. Instrument yang digunakan sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MTS Nur El- Falah Kubang sedangkan Sampel yang digunakan dalam penelitian yaitu kelas VII A (sebagai kelas eksperimen) dan kelas VII B (sebagai kelas kontrol) masing- masing 25 orang. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji-T, Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu angket/kuisioner dan dokumentasi. Hasil ini ditunjukkan dari skor hasil rata-rata nilai pre test siswa kelas eksperimen yaitu 53 dan nilai rata- rata post test 98,32 sedangkan kelas kontrol dengan nilai pre test 75,84 dan nilai rata-rata post test yaitu 87,28. Dengan pemanfaatan media pembelajaran interaktif yang bersifat dua arah, menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar berdasarkan berbedaan hasil pre test dan post test antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hasil perhitungan uji t (sample paired test) diketahui bahwa nilai signifikasi yang diperoleh 0,004, nilai thitung adalah 3.502 dan niali t tabel adalah 2.068. dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima karena niali signifikasin yang diperoleh lebih kecil dari signifikan (0,004<0,05) dan thitung lebih besar dari t tabel (3.265>2.068). Dari hasil pengujian diatas dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima, bahwa penerapan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif efektif terhadap peningkatan motivasi belajar siswa kelas VII pada pelajaran fikih materi shalat jama dan qashar di MTs Nur El- Falah Kubang.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Multimedia Interaktif, Fikih, Shalat Jama Dan Qashar, Motivasi Belajar
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 18 Sep 2023 01:55
Perubahan Terakhir: 18 Sep 2023 01:55
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13228

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.