Pengembangan Media Animasi Berbasis Videoscribe Pada Materi Peduli Terhadap Makhluk Hidup Muatan Pelajaran IPA Di Kelas IV MI At-Tawakkal Bojongmanik

Maysaroh, Siti (2023) Pengembangan Media Animasi Berbasis Videoscribe Pada Materi Peduli Terhadap Makhluk Hidup Muatan Pelajaran IPA Di Kelas IV MI At-Tawakkal Bojongmanik. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240022_Cover.pdf

Download (104kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240022_Lampiran Depan.pdf

Download (780kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240022_BAB I.pdf

Download (308kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_191240022_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (628kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240022_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (656kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240022_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240022_BAB V.pdf

Download (151kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240022_Daftar Pustaka.pdf

Download (226kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran animasi berbasis scribe di kelas IV MI/SD. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) dari model pengembangan ADDIE yang dikembangkan oleh Raiser dan Mollenda. Tahapan ini memilki 4 tahapan pengembangan yaitu analisis (Analysis), desain (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implemetation) dan evaluasi (Evaluation). Media yang dikembangkan, divalidasi oleh ahli materi, ahli media dan ahli bahasa yang dilakukan sebelum melakukan uji coba lapangan terhadap peserta didik, dan uji coba lapangan ini dilakukan di kelas IV MI At-Tawakkal Bojongmanik. Adapun data yang dikumpulkan menggunakan angket ahli materi, angket ahli media, angket ahli bahasa, respon siswa, respon guru, observasi, wawancara dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil validasi dari ahli materi mendapatkan nilai persentase yaitu 94% dengan kriteria “sangat baik”, validasi ahli media mendapatkan nilai persentase yaitu 86% dan 94% dengan kriteria “sangat baik” dan validasi ahli bahasa mendapatkan nilai persentase yaitu 96% dan 94%. Adapun hasil dari respon siswa mendapatkan nilai presentase yaitu 83% kritesria “sangat baik” dan hasil dari respon guru mendapatkan nilai presentase yaitu 92% dengan kriteria “sangat baik”. Dengan demikian dapat disimpulkan secara keseluruhan media pembelajaran animasi berbasisVideoscribe dapat dikatakan sudah angat layak digunakan untuk memudahkan peserta didik dalam memahami materi peduli terhadap makhluk hidup. Berdasarkan pengamatan secara langsung, media animasi berbasis Videoscribe ini memudahkan peserta didik untuk belajar mata pelajaran IPA.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Video Animasi Berbasis Videoscribe. Kelayakan Media. Peserta Didik
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 14 Sep 2023 04:10
Perubahan Terakhir: 14 Sep 2023 04:10
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13218

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.