Herniyanti, Siti (2023) Pengembangan Media Papan Pintar Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Pada Materi Pancasila. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PGMI_191240088_Cover.pdf Download (55kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191240088_Lampiran Depan.pdf Download (885kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191240088_BAB I.pdf Download (267kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PGMI_191240088_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (384kB) |
||
Teks
S_PGMI_191240088_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (291kB) |
||
Teks
S_PGMI_191240088_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (831kB) |
||
|
Teks
S_PGMI_191240088_BAB V.pdf Download (156kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PGMI_191240088_Daftar Pustaka.pdf Download (156kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media papan pintar, untuk mengetahui kalayakan media papan pintar dalam mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan atau Reaserch and Development (R&D) dari model pengembangan ADDIE yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (penerapan), dan evaluation (evaluasi). Media yang dikembangkan divalidasi oleh ahli materi dan ahli media sebelum melakukan uji coba lapangan terhadap peserta didik. Adapun data yang dikumpulkan menggunakan angket ahli materi, angket ahli media, observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan teknis analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama pengembangan media papan pintar menggunakan model ADDIE, kedua kelayakan media papan pintar berdasarkan hasil validasi dari ahli materi mendapatkan skor 40 dengan presentase 80% dengan kriteria “baik”, validasi ahli media mendapatkan skor 45 dengan presentase 90% dengan kriteria “sangat baik”. Maka media papan pintar sudah layak digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi, ketiga keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa meningkat hal ini didasarkan pada hasil belajar peserta didik pre-test dan post-test. Sebelum penerapan media papan pintar memperoleh rata-rata 53,21 sedangkan setelah penerapan media papan pintar memperoleh rata-rata 89,28. Maka media papan pintar dapat meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi pancasila.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Media Papan Pintar, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, Materi Pancasila |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 14 Sep 2023 03:47 |
Perubahan Terakhir: | 14 Sep 2023 03:47 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13217 |
Actions (login required)
Lihat Item |