Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Keterampilan Kolaborasi Siswa pada Mata Pelajaran PPKn Kelas IV

Badriah, Rumi (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Keterampilan Kolaborasi Siswa pada Mata Pelajaran PPKn Kelas IV. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240095_Cover.pdf

Download (101kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240095_Lampiran Depan.pdf

Download (445kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240095_BAB I.pdf

Download (189kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_191240095_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (290kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240095_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (262kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240095_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (335kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240095_BAB V.pdf

Download (39kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240095_Daftar Pustaka.pdf

Download (317kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Keterampilan Kolaborasi Siswa pada Mata Pelajaran PPKn Kelas IV. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan menggunakan menggunakan uji mann whitney. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan tekhnik sampling purposive, dengan kelas IVA sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan kelas IVB sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran discovery learning yang diberikan oleh guru. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Berdasarkan hasil perhitungan SPSS versi 22 di atas, uji hipotesis non-parametrik dengan mann whitney diperoleh Zhitung sebesar -5.849 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Maka berdasarkan kriteria uji dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap keterampilan kolaborasi siswa pada mata pelajaran PPKn.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Keterampilan Kolaborasi, Project Based Learning (PjBL) dan Mata Pelajaran PPKn
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 13 Sep 2023 02:30
Perubahan Terakhir: 13 Sep 2023 02:30
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13209

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.