Pengaruh Penggunaan Metode Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas V Sekolah Dasar

Sapitri, Sapitri (2023) Pengaruh Penggunaan Metode Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas V Sekolah Dasar. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240084_Cover.pdf

Download (24kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240084_Lampiran Depan.pdf

Download (741kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240084_BAB I.pdf

Download (184kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_191240084_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (418kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240084_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (436kB)
[img] Teks
S_PGMI_191240084_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (458kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240084_BAB V.pdf

Download (249kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_191240084_Daftar Pustaka.pdf

Download (219kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu untuk menhetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran IPA setelah diterapkan Nya metode mind mapping dan Untuk mengetahui pengaruh peningkatan penggunaan metode mind mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran IPA. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif jenis ekperimen dengan mengguanakan desain Nonequivalent control group design. Populasi yang digunakan seluruh siswa kelas V SDN 1 Clungbungur dan kelas V SDN 1 Bungurmekar, dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 calungbungur yang berjumlah 16 orang dan siswa kelas V SDN 1 Bungurmekar yang berjumlah 27 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian yaitu Teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan tes tulis berupa soal yang berbentuk esay, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji Idependen Sampel T test dan uji N Gain. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil uji Idependen Sample T-test post’test kelas ekperimen dan kelas kontrol memiliki nilai Asymp Sig (2-tailed) sebesar 0,000 sehingga 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan antara sekor kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran IPA di kelas ekperimen dan kelas kontrol. Dan hasil uji N-Gain diperoleh nilai rata-rata N-Gain skor menunjukan bahwa kelas ekperimen yang menggunakan pembelajaran dengan metode mind mapping dilihat dari selisih pos’ttest dan pre’test-Nya memperoleh nilai N-Gain 0,58 dan memiliki kriteria sedang karena berada pada rentang 0,3 ≤ N-Gain ≤ 0,7.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Penggunaan Metode Mind Mapping, Kemampuan Berpikir Kreatif
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 11 Sep 2023 05:03
Perubahan Terakhir: 11 Sep 2023 05:03
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13206

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.